10 Aug 2020, 10:54Perut

Rasa tidak nyaman di perut bagian bawah dan sering buang air kecil

RA
Info Penanya: RA, Wanita, 22 Tahun
Halo dok, saya Rosi Perempuan berusia 22 tahun. Akhir akhir ini sejak 3 hari lalu, saya merasakan perut bagian bawah terasa tidak nyaman sekali dan sering buang air kecil. Setelah buang air kecil perut masih terasa tidak nyaman dan serasa tidak tuntas walau sudah Buang air kecil. Penyakit apa ya dok yang saya derita ? Lalu bagaimana saya mengatasi dan mengobatinya ?Terima kasih
13409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RA,Sakit perut bawah adalah salah satu gejala yang memiliki cukup banyak kemungkinan penyebab terutama pada wanita. Pada wanita organ perut bawah terdapat beragam organ yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, mulai dari saluran kemih, saluran pencernaan dan saluran reproduksi. Lokasi nyeri juga bisa menentukan apa penyebabnya bila terjadi di perut bagian kiri bawah atau di bagian kanan bawah.Beberapa kondisi yang mungkin bisa jadi penyebab sakit perut bawah diantaranya adalah:
  • Infeksi saluran kemih
  • Iritasi usus
  • Peradangan usus buntu
  • Kista ovarium
  • Nyeri menstruasi
  • Gangguan organ reproduksi lain seperti endometriosis, kehamilan ektopik
Apabila disertai gangguan buang air kecil seperti buang air kecil lebih sering, nyeri atau perih saat buang air kecil, urine menjadi keruh ataupun terasa tidak tuntas setelah buang air kecil yang paling sering jadi penyebabnya adalah infeksi saluran kemih.Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter, nantinya akan dilakukan pemeriksaan urine untuk melihat ada tidaknya infeksi pada saluran kemih. Jika ada infeksi akan diberikan pengobatan seperti pemberian antibiotik untuk saluran kemih yang sesuai dengan kondisi Anda. Untuk sementara bisa perbanyak minum air putih, hindari menahan buang air kecil, minum obat pereda nyeri seperti parasetamol dan segera periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kemihsakit perutperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil