Perut bagian bawah terasa keras

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, saya mau nanya kenapa ya perut bagian bawah pusar sering keras, kadang keras ke sebelah kiri dan kadang ke kanan. Itu knp ya dok? Mohon penjelasan nya makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NIK.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Perut yang terasa keras dapat terjadi karena berbagai macam gangguan di dalam perut. Umumnya keadaan tersebut berhubungan dengan gangguan organ dalam perut, seperti usus, lambung, hati, limpa dan lain-lainnya. Pada wanita, keadaan perut yang keras pada bagian bawah dapat berupa kram dan berhubungan dengan organ reproduksi wanita.

Secara spesifik, beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan perut terasa keras, diantaranya adalah :

  • gangguan pencernaan atau yang dikenal dengan maag (sindroma dispepsia), keadaa ini dapat menyebabkan produksi gas dalam perut meningkat dan terjadi penumpukan, sehingga perut terasa keras
  • tumor pada saluran cerna atau di sekitar perut seperti pada alat reproduksi wanita
  • pembesaan organ, seperti hati, limpa
  • keganasan

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Umumnya dokter pemeriksa dapat menyarankan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan organ dalam perut Anda. Jika penyebabnya mengarah pada gangguan lambung, umumnya keadaan tersebut dapat tertangani dengan baik, dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan pengaturan pola makan yang baik, seperti konsumsi makanan rendah lemak, rendah gula dan tinggi serat secara seimbang dan tepat waktu.

Beirkut saya lampirkan artikel terkait penanganan maag (sindrom dispepsia) yang dapat terlebih dahulu Anda coba dirumah.

Jika keluhan berlanjut segeralah memeriksaan keadaan yang Anda alami ke dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek minum kopi pada setiap orang berbeda-beda, tergantung bagaimana tubuh bereaksi terhadap kandungan kafein

Tak Hanya Bikin Ingin ke Kamar Mandi, Ini Efek Minum Kopi Bagi Tubuh

Efek minum kopi bervariasi mulai dari membuat lebih waspada, mood membaik, hingga muncul keinginan ke buang air. Semua tak lepas dari kandungan kafein di dalamnya.