Perut ada benjolan itu kira-kira penyakit apa

Y Info Penanya: Y, Wanita, 27 Tahun
Lo perut ad benjolan itu kira2 pnyakit ap ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y

Benjolan di perut dapat disebabkan beberapa penyakit yaitu benjolan akibat massa tumor dan hernia. Benjolan massa tumor bisa berasal dari bawah kulit perut atau dari organ dalam perut, biasanya benjolan tumbuh perlahan atau cepat dan menetap. Jika benjolan berasal dibawah kulit dan tidak masuk ke rongga perut, maka bisa dilakukan eksisi pengangkatan benjolan dan di evaluasi biopsi, namun jika benjolan berasal dari organ dalam abdomen atau perut biasanya benjolan mengganggu pergerakan usus membuat keluhan tambahan mual muntah, sulit buang air besar dan sulit buang angin. Jika sumbatan massa benjolan membuat sumbatan total maka menjadi kegawatdaruratan  yang harus segera di operasi. 

Benjolan di perut juga bisa disebabkan hernia. Hernia timbul saat ada celah di perut yang membuat organ usus masuk ke rongga tersebut dan menimbulkan benjolan, biasanya benjolan timbul di area pusat atau di lokasi bagian perut yang pernah di operasi. Sifat benjolan hernia biasanya hilang timbul, sering timbul saat aktivitas dan hilang atau masuk saat tidur istirahat. 

Saya sarankan agar tidak memegang atau memanipulasi benjolan. Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah (Sp.B) untuk evaluasi benjolan tersebut.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi dengan hernia umbilikalis memiliki tonjolan pada pusar

Merawat Bayi dengan Hernia Umbilikalis Tidaklah Sulit, Ini Caranya!

Bayi dengan hernia umbilikalis memiliki tonjolan pada pusar. Cara bayi dengan umbilikalis tidak sesulit yang dibayangkan, akan tetapi perlu hati-hati. Untuk membersihkan pusar, Anda dapat menggunakan waslap tanpa sabun.