Perubahan suasana hati/mood secara tiba-tiba, apakah penyebabnya ?

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, Kalau perbuahan Dri Good Mood Ke Bad Mood secara drastis itu faktor depresi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Setiap manusia pernah mengalami hari-hari ketika merasa sedih, kesepian, dan berada dalam mood yang jelek dari waktu ke waktu. Hal ini tidak akan berlangsung lama jika keadaannya normal, dan akan ceria lagi pada lain kesempatan. Ketika seseorang tampak sedih tidak bisa kita artikan sebagai gejala depresi, namun jika kesedihan dan perasaan negatif tersebut menetap atau jika timbul perilaku yang mengganggu aktivitas sosial, kadang merasa hidup tidak berguna sama sekali maka mungkin saja hal itu mengindikasikan gangguan depresif. 

Lebih jelas mengenai depresi, dapat anda baca disini.

Setelah membaca penjelasan pada link diatas, jika anda menjumpai gejala depresi, sebaiknya konsultasi lebih lanjut dengan psikiater (dokter spesialis kejiwaan).

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.