Bagaimana perubahan payudara pada masa remaja?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 18 Tahun
hai dok, saya mau tanya , usia saya saat inikan sudah 18 tahun , saya mengalami perubahan payudara semakin membesar, tapiuntuk ukuran saya saat ini lumayan besar dok, kadang temen saya bilang kok payudara kamu besar ketimbang dengan temen seumuran saya, itu normal apa nggak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN, 

Perubahan ukuran dan bentuk payudara pada masa remaja normal terjadi. Hormon estrogen yang berperan dalam perubahan payudara ini sedang bekerja secara optimal.

Ukuran dan bentuk payudara kiri dan kanan bisa saja berbeda, walaupun tidak terlalu jauh, apalagi jika dibandingkan dengan payudara wanita lain.

Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi ukuran payudara:

  • Genetik. Ukuran payudara seorang wanita tidak akan jauh berbeda dari ibu, saudara perempuan atau neneknya.
  • Hormon. Hormon estrogen bertugas menumpuk lemak di berbagi tempat seperti di payudara, perut, pinggul. Kadarnya pada setiap orang berbeda-beda.

Tapi perlu diperhatikan jika ada perubahan ukuran secara mendadak atau dalam jangka waktu tertentu disertai dengan munculnya benjolan, perubahan warna kulit payudara atau keluar cairan dari puting. Segera periksakan ke dokter.

Anda juga bisa melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) untuk deteksi dini terhadap penyakit yang bisa menyerang payudara.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Salam sehat.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YS
18 Jan 2020, 23:42
Ank sya demam ga turun-turun jga padahal dah di periksa ke klinik tdi siang
Dibalas oleh AN
20 Jan 2020, 14:16
terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan payudara saat hamil merupakan persiapan bagi ibu agar bisa menyusui bayi setelah persalinan

Calon Ibu, Sudah Siap dengan Perubahan Payudara Saat Hamil?

Perubahan payudara saat hamil dipengaruhi oleh meningkatnya hormon dan meningkatnya aliran darah ke payudara. Memasuki trimester tiga, payudara ibu hamil akan membesar dan semakin berat, bahkan semakin sering keluar kolostrum dari puting.