Apakah yang dimaksud dengan kepribadian antisosial?

TO Info Penanya: TO, Wanita, 18 Tahun
akhir akhir ini saat bertemu teman saya merasa saya tidak semangat seperti dulu. saya cenderung jadi menghindari eye contact sama org karna ngebuat saya tidak nyaman even sm kluarga saya. saya gk ngerti kenapa saya begini tiba-tiba. saat komunikasi dgn org saya tidak bisa merasakan emosi org lain jd saya cuma iyakan cerita mereka. saya memikirkan hal ini terus menerus. saya sudah ceritakan tapi tak ada yg mengerti
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kepribadian antisosial merupakan salah satu jenis gangguan kepribadian yang ditandai dengan sikap dan perasaan acuh terhadap orang lain selain dirinya sendiri dan juga aturan atau keadaan lingkungan sekitar. Oleh karena itu seseorang dengan gangguan kepribadian antisosial ini bisa saja terlibat dalam tindakan kejahatan, karena mereka tidak memperdulikan orang lain dan juga akibat yang akan timbul bagi dirinya sendiri. 

Adapun tanda dan gejala dari kepribadian anti sosial ini adalah:

  • Bersifat egois, superior, dombong dan memiliki percaya diri yang kuat
  • Berusaha melakukan segala cara demi kesenangan pribadi tanpa memperdulikan orang lain
  • Sering berbohong dan tidak menyadari kesalahan yang terjadi
  • Kerap teribat pada tindak kejahatan
  • Tidak belajar dari kesalahan yang pernah terjadi

Hingag saat ini masih belum diketahui pasti penyebab dari gangguan keprbadian anti sosial ini, tetapi bisa juga faktor seperti genetik, faktor lingkungan serta faktor psikologis mempengarhui kondisi tersebut. 

Terkait dengan apa yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh beberapa masalah psikologis yang lainnya. Untuk itu jika keluhan dirasa sudah menggangu kegiatan sehari-hari Anda dan juga menggangu komunikasi serta hubungan sosial Anda dengan keluarga dan orang lain sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jiwa terdekat agar dilakukan konsultasi dan juga terapi pengobatan bila diperlukan. 

Usahakan untuk bercerita kepada orang terdekat, berusaha berpikiran positif, lakukan hobi seperti berolahraga atau membaca buku, konsumsilah makanan yang bergizi, dan cukupi kebutuhan cairan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa jenis gangguan makan, seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa, pica, dan binge eating

Beberapa Jenis Gangguan Makan serta Gejalanya

Penyanyi ternama, Camila Cabello, baru-baru ini mengungkapkan perlawanannya terhadap body shaming. Body shaming memang berefek buruk, karena dapat menyebabkan korbannya menderita gangguan mental, termasuk anoreksia, yang merupakan gangguan makan. Selain anoreksia, ada beberapa gangguan makan lain, yang harus Anda ketahui gejalanya.