27 Sep 2020, 19:28Psikologi

Perubahan mood drastis dan sisi lain yang aneh dalam diri

SA
Info Penanya: SA0
Saya orang yang tertutup dan memilih memendam masalah-masalah daripada harus kecewa dengan jawaban orang. Saya sering menangis sendiri dan merupakan pemikir keras. Suara-suara aneh muncul dalam kepala saya dan sikap saya berubah seiringnya. Saya sadar tapi saya tidak bisa mencegah. Mood yang dengan cepat berubah drastis. Beberapa kali saya mencoba bunuh diri begitu juga saat ini. Ada apa dengan diri saya sebenarnya?
278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SA,Stres atau beban pikiran adalah salah satu hal yang bisa membuat kondisi pikiran atau kesehatan mental kita bisa mengalami gangguan atau masalah. Apabila terus dipendam dan tidak mampu dikelola dengan baik bisa menimbulkan gangguan psikologis yang dapat mengganggu aktivitas sehari-harinya.Kondisi tersebut bila tidak dicegah dan diatasi bisa menimbulkan masalah yang lebih dalam seperti misalnya depresi, bisa menimbulkan halusinasi, ataupun juga sampai menimbulkan masalah fisik akibat beban pikirannya tersebut.

Ciri-ciri dan gejala depresi

Depresi sendiri perlu diwaspadai jika mengalami beberapa gejala berikut:
  • Mudah lelah
  • Mudah emosi
  • Mood yang mudah berubah
  • Kehilangan minta pada aktivitas sehari-hari
  • Merasa bersalah atau sedih berlebih
  • Sering timbul masalah fisik seperti sakit kepala
  • Sulit berkonsentrasi
  • Timbul keinginan menyakiti diri sampai pikiran dan percobaan untuk bunuh diri 
Jika terjadi hal demikian, perlu ditangani oleh profesional. Upayakan bisa berbagi cerita pada orang tua, sahabat ataupun orang yang dipercaya. Coba atasi  keluhan dengan mengalihkan pikiran pada hal yang lebih positif, coba jalankan hobi atau kegiatan yang disenangi, bisa olahraga rutin, dan cobna memiliki kegiatan harian.Jika tetap kesulitan, bisa perlu memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater, agar nantinya dilakukan evaluasi mengenai kondisi mentalnya melalui wawancara psikatri, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan lain yang diperlukan. Penanganan akan diberikan baik konsultasi, psikoterapi, ataupun pemberian obat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
mengatasi depresidepresigangguan mentalgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil