13 Dec 2020, 14:31Penyakit Lainnya

Cadel bisakah terjadi pada remaja ?

H
Info Penanya: H, Wanita, 15 Tahun
Halo dok, saya baru umur 15 dan mengalami perubahan cara bicara. Tiba-tiba saya kesulitan berbicara huruf 'R' tidak seperti dulu. Ini disebabkan oleh apa ya? dan apakah ada solusinya? Terima kasih.
1169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam HZ.Biasanya pada kondisi tidak bisa menyebutkan huruf R disebut cadel. Hal ini wajar terjadi pada anak kecil, tetapi bisa dibilang cadel kalau sudah umur 5 tahun belum bisa menyebut kata R, S, T, atau TH. Jarang yang mulai terjadi pada usia remaja.Beberapa hal menyebabkan cadel :
  • bentuk mulut (lidah pendek/panjang, susuanan gigi, langit-langait mulut)
  • otot bicara yang lemah
  • gangguan saraf
  • kebiasaan sehari-hari
Jadi cadel tidak dipengaruhi oleh berubahnya suara pada HZ. Tidak bisa mengatakan huruf R mungkin saja karena ada perubahan pada struktur gigi seperti adanya pergeseran posisi gigi atau gigi yang patah. Rasa nyeri seperti pada sariawan atau radang pada lidah menyulitkan berbicara jelas atau kebiasaan berbicara cadel. HZ bisa kembali melatih mengucapkan huruf R setiap hari. Hal yang dapat HZ lakukan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggosok gigi secara rutin setelah makan pagi dan sebelum tidur, kumur-kumur antiseptik, hindari menggertakkan gigi, perbanyak makan buah dan sayur serta asir putih. Bila terdapat masalah pada mulut periksakan ke dokter gigi. Bila cadel masih menetap HZ bisa melakukan terapi bicara dengan bantuan terapis bicara.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
kesehatan gigiradang lidahkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil