Pertumbuhan, waktu tidur bayi delapan bulan

FN Info Penanya: FN, Pria, 27 Tahun
Siang Dokter,Dok, kurangnya berat badan menandakan ada penyakit KP (TBC)? Usia anak saya sekarang 8 bulan 7 hari berat badan sekitar 6,7 kg sampai 7 kg sering naik turun. Untuk anak seusianya bisa dikatakan berat badannya masih kurang. Kenaikan berat badannya tidak terlalu bagus pada usia 4 bulan, tidak bertambah sama sekali selama satu bulan (pada waktu itu beratnya sekitar 5,5 kg), setelah itu naik sedikit demi sedikit sampai akhirnya pada usia 6,5 bulan sekitar 6,7 kg sampai sekarang. Padahal makan dan minum ASI lumayan banyak. Anak saya memang sedikit aktif, sering main dan kurang tidur. Apa ini berpengaruh terhadap pertumbuhan berat badan? Mohon informasinya, dan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak FNW,

Anak Bapak tentunya sangat beruntung memiliki orang tua yang penuh perhatian seperti Bapak, bahkan mencatat setiap pertumbuhan dan perkembangan anak, ini adalah sikap yang sangat baik dan harus dimiliki oleh setiap orang tua.

Sejak lahir sampai berusia 5 bulan, maka dikatakan pertumbuhan normal bila anak mengalami kenaikan berat badan sebesar 600 gr sampai 700 gr.

Setelah berusia 6 bulan maka kenaikan berat badan menjadi 400  gr sampai 500 gr perbulan, karena anak sudah mulai beraktifitas dan bergerak aktif.

Pada usia 7 bulan sampai 12 bulan, maka kenaikan berat badan adalah 200gr sampai 300 gr setiap bulannya.

Dari patokan ini maka dengan mengingat berat badan saat bayi lahir, maka Bapak dapat menjumlahkan kira-kira seharusnya berat badan normal untuk anak Bapak saat ini.

Contohnya bila anak lahir dengan berat badan 2,5 kg maka saat berusia 8 bulan anak akan mencapai berat rata-rata :

  • Bayi laki-laki adalah 6,9 kg sampai 10,7 kg. Panjang badan anak adalah 66,2 cm sampai 75 cm.
  • Bayi perempuan adalah 6,2 kg sampai 10,2 kg. Panjang badan anak adalah 64 cm sampai 73,5 cm.

Pada usia 8 bulan, anak sudah mampu berdiri sambil berpegangan atau dengan alat bantu, misal berdiri dengan memegang tembok atau memegang meja.

Pada usia 8 bulan, makanan bayi bukan hanya ASI tapi MPASI (Mkanan pengganti ASI) seperti bubur susu, semua jenis bubur dan tambahan susu formula. ASI hanya sebagai pelengkap saja bukan sebagai makanan pokok.

 

Saat ini berat badan anak bapak, masih dalam kategori normal pada nilai terbawah. Untuk kecurigaan penyakit infeksi paru-paru (TBC) harus ada gejala sakit berat lain seperti batuk lebih dari 2 minggu, demam, dan ada orang dewasa yang sakit TBC dilingkungan tempat tinggal anak. Sebaiknya periksakan anak ke Dokter Spesialis Anak (SpA) bila ditemukan gejala dan kecurigaan ke arah ini.

 

Pertumbuhan dan perkembangan anak memang sebagian besar terjadi saat anak tidur, oleh sebab itu waktu tidur anakmerupakan saat istimewa yang harus diperhatikan.

 

Anak usia 6 bulan sampai 12 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 15 jam yang terbagi atas tidur siang 3 sampai 4 jam, dan tidur malam sebanyak 11 jam.

 

Jika anak kurang tidur maka anak akan cepat rewel dan sering terbangun saat tidur malam, jadi aturlah waktu tidur anak dan pastikan anak selalu tidur siang.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)