Apa pertolongan pertama untuk serangan jantung?

MI Info Penanya: MI, Wanita, 22 Tahun
dok apakah benar jika terjadi serangan jantung, pertolongan pertama adalah meminum obat isosorbide dinitrate 5mg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MI,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Serangan jantung atau dalam istilah medis disebut sindrom koroner akut merupakan gangguan otot jantung ketika tidak mendapatkan suplai aliran darah. Kondisi ini akan menggangu fungsi jantung dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Penyebab utama dari kondisi ini adalah tersumbatnya pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung akibat dari penumpukan kolesterol yang membentuk plak di pembuluh darah.

Gejala yang muncul adalah nyeri dada, sesak nafas, pusing, gelisah dan keringat dingin. namun ada juga serangan jantung yang tidak mengalami gejala jantung dan langsung henti jantung mendadak. Pengobatannya bisa diberikan obat-obatan seperti antiplatelet, antikoagulan, dll bisa juga operasi seperti pemasangan ring jantung, pemilihan metode pengobatan tergantung parah dan waktu terjadinya keluhan.

Isosorbide dinitrate (ISDN) adalah obat golongan nitrat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati nyeri dada pada penderita penyakit jantung koroner. Namun pemberian obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, hindari makanan yang berlemak, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, menghindari minuman beralkohol dan mengelola stres dengan baik. Jika serangan jantung terjadi segeralah periksa ke IGD atau menemui dokter spesialis jantung.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis penyakit jantung seperti serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan di mana saja

Pentingnya Mewaspadai Penyakit Jantung dan Memahami Langkah Pencegahannya

Jenis-jenis penyakit jantung, seperti penyakit jantung bawaan dan koroner, perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Untuk menghindari penyakit tersebut, terdapat cara mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan.