Ada bayangan di depan mata apa penyebabnya?

MG Info Penanya: MG
Halo dok.saya mau menanyakan tentang masalah mata yg di alami ibu saya.ibu saya umur 50 tahun.kalo di siang hari dia seperti melihat ada bayangan seperti rumah laba2 di depan mata.padahal tidak ada apa2.tapi kalo malam hari normal seperti biasa.gak ada bayangan.itu terjadi hanya siang hari.kira 2 kenapa ya dok?dan apa yg harus di lakukan?berbahayakah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MG,

Floaters adalah kotoran yang ada di dalam organ mata khususnya di bagian vitreous humor sehingga penderita akan merasa melihat bayangan kehitaman atau putih yang melayang-layang.

Bayangan ini akan semakin tampak jelas bila penderita melihat obyek dengan dasar berwarna terang seperti kertas putih atau langit yang cerah, karena itu penderita akan merasa melihat bayangan saat siang hari dan membaik saat malam hari.

Floaters ini terjadi akibat :

  • Proses penuaan dimana protein di dalam vitreous humor menjadi bergumpal.
  • Adanya peradangan pada mata.
  • Trauma pada mata yang mengakibatkan perdarahan.
  • Riwayat operasi mata.
  • Robekan pada retina.

Floaters ini tidak menimbulkan keluhan nyeri, namun mengganggu penglihatan saja karena seolah-olah ada bayangan yang menutupi dan berpindah-pindah tempat.

Dokter mata biasanya akan memberikan obat tetes mata yang dipakai maksimal 3 bulan. Bila setelah 3 bulan ini floaters masih ada maka floaters ini akan menetap dan tidak bisa menghilang.

Floaters ini bisa berbahaya bila sampai kotoran ini menempel di retina dan mengakibatkan robekan pada retina yang ditandai dengan penglihatan seperti melihat kilatan cahaya atau jumlah bayangan mendadak menjadi sangat banyak. Dan hal tersebut merupakan kegawatan pada mata yang bisa berakibat kebutaan.

Sehingga ibu Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi mata ibu Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bukan hanya mencegah silau, menggunakan kacamata hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya

Bukan Sekadar Bikin Penampilan Kece, Kacamata Hitam Juga Penting untuk Kesehatan

Wajib hukumnya memakai kacamata hitam untuk melindungi retina dari paparan sinar ultraviolet berbahaya. Selain itu, penggunaan kacamata hitam dapat membantu melindungi kulit di sekitar area mata.