25 Dec 2020, 12:04Kulit & Kelamin

Penyebab testis bengkak sebelah diikuti rasa nyeri

AS
Info Penanya: AS0
selamat siang dok,,, maaf dok saya mau tanya buah zakar suami saya yang sebelah kanan bengkak dan nyeri,,,itu di penyebabnya apa ya dan pantangan ataw hal apa yg bisa ataw tidak bisa di lakukan mohon penjelasan dok??
1340 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Kantung zakar merupakan salah satu alat reproduksi pria yang menghasilkan sperma oleh testis. Testis ini terdiri dari 2 buah testis dengan letak yang tidak sama rata, dan besar yang berbeda pula. Gangguan di testis, dapat menyebabkan gangguan produksi sperma yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesuburan. 

Penyebab testis bengkak sebelah diikuti rasa nyeri

Penyebab testis bengkak sebelah dapat dicetuskan oleh masalah di testis maupun masalah di kulit kantung zakar. Selain itu, penyebab testis bengkak yang sering terjadi antara lain :
  • Pelebaran pembuluh darah testis pada varikokel akan menggambarkan testis menjadi bengkak sebelah.
  • Tumor pada testis dapat menyebabkan testis bengkak baik 1 atau kedua testis.
  • Benturan pada kantung zakar dan testis juga dapat menyebabkan kantung zakar dan testis berisi dengan darah sehingga testis membengkak, merah, dan terasa nyeri.
  • Penumpukan cairan di kantung zakar pada pasien hidrokel
  • Sumbatan pada saluran testis membuat testis tidak dapat mengahantarkan produksi sperma ataupun jalan keluar masuk darah menuju testis terhambat.
  • Infeksi pada kantung zakar baik yang disebabkan oleh iritasi pengguaan celana dalam atau sabun, membuat penderita akan menggaruk kantung zakar, menyebabkan infeksi dan pembengkan pada kantung zakar.
  • Torsio testis suatu kondisi dimana testis terpelintir menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada testis. Torsio testis yang tidak ditangani segera akan menyebabkan kematian atau nekrosis pada testis.

Cara mengatasi testis bengkak sebelah diikuti rasa nyeri

Cara mengatasi testis bengkak sebelah diikuti rasa nyeri antara lain :
  • Melihat kondisi testis apakah ada pembengkakan yang disertai testis memerah, mengeluarkan cairan berisi nanah atau tidak. Penanganannya dapat membersihkan testis dengan povidone iodine dan ke dokter untuk penanganan infeksi.
  • Kompres hangat pada testis jika keluhan disebabkan oleh peradangan kantung zakar.
  • Jika testis atau kantung zakar terbentur dan menimbulkan memar, maka kompres dingin segera setelah trauma.
  • Konsumsi pereda nyeri seperti parasetamol dengan dosis 3 x 500 mg jika nyeri, diminum setelah makan dapat mengurangi gejala.
  • Hindari mencukur bulu kemaluan dan menggunakan sabun pada testis.
  • Jangan menggunakan pakaian dalam ataupun celama yang terlalu ketat sehingga menekan testis.
Jika keluhan testis membengkak diikuti rasa nyeri yang bertambah hebat, tidak kunjung membaik, dapat disertai dengan nyeri ketika berkemih, nyeri perut bagian bawah, penis mengeluarkan cairan putih seperti nanah, dan demam, segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
nyeri testisinfeksi saluran kemihvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil