27 Oct 2020, 00:32Jantung

Bagaimana konseling pasien angina pectoris?

AE
Info Penanya: AE0
Perkenalkan Dok, Saya Ajeng (21 tahun) ingin bertanya, monitoring apa sajakah yg harus dilakukan untuk pasien angina pectoris stabil dan angina pectoris tidak stabil? Kemudian konseling apakah yang seharusnya diberikan kepada kedua jenis angina pectoris ini? Terimakasih sebelumnya Dok.
966 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaAngina pectoris adalah suatu rasa nyeri ada area dada yang disebabkan oleh penyakit jantung yang dikarenakan oleh sel otot-otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup akibat tersbumbatnya pembuluh darah pada jantung. Angina pectoris ini kerap disebut dengan angin duduk.

Adapun jenis-jenis dari angina pectoris di antaranya adalah:

Bila tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi seperti terjadinya infark miokard. Terkait konseling dan monitoring, perlu diketahui terlebih dahulu jenis angina pastinya, ada tidaknya komplikasi, serta tindakan apa yang dilakukan. Misalnya, pasien angina pectoris tanpa komplikasi yang di-PCI pasti  akan mendapatkan konseling dan monitoring berbeda dengan pasien angina pektoris yang lainnya. Oleh karena itu, silakan diskusikan langsung kepada dokter spesialis jantung yang menangani pasien tersebut.Apabila Anda menanyakan hal ini karena ada penugasan dari tempat Anda menempuh pendidikan, alangkah baiknya jika Anda mempelajari buku dan jurnal ilmiah untuk menjawab pertanyaan tersebut, agar apa yang Anda pelajari lebih mudah diingat dan dapat diterapkan pada saat sudah bekerja nantinya.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
penyakit jantungpenyakit jantung koronerangin duduk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil