17 Dec 2020, 17:52Kandungan

Apa sedang hamil ya?

FY
Info Penanya: FY0
Hai dok, saya mau bertanya. Saya kemarin berhubungan intim di H-1 (tanggal 5 Desember) saya menstruasi dan memakai alat kontrasepsi. Dan selang 3 hari perut saya sakit sekali, dan sakitnya gak ilang-ilang. Lalu pada tanggal 13 saya berhubungan intim lagi tidak memakai kondom dan tidak keluar didalam, Mens saya juga tidak keluar-keluar dok. Nah dan pd hari ini tanggal 17 desember saya selalu merasa sakit apabila jongkok dalam keadaan lama. Apakah mungkin saja ada kehamilan dok?
468 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi FY,Kehamilan terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur karena saat masa subur inilah sel telur dilepaskan. Namun tidak ada jaminan bahwa berhubungan seksual di masa subur pasti akan menghasilkan kehamilan, namun kemungkinan terjadinya kehamilan semakin besar. Sama halnya seperti ejakulasi di dalam vagina akan meningkatkan keberhasilan terjadinya kehamilan, namun bukan berarti bila ejakulasi dilakukan di luar vagina tidak mungkin hamil karena di dalam cairan pra ejakulasi juga sudah terdapat sperma meski hanya sedikit.

Perihal keluhan nyeri yang Anda rasakan kemungkinan bisa disebabkan oleh:

Tanda-tanda kehamilan berupa kram perut biasanya terjadi pada hari ke 14 paska berhubungan seksual. Dan bila HPHT Anda tanggal 5 Desember dan dianggap Anda memiliki siklus haid 28 hari sekali, maka perkiraan masa subur Anda ada di tanggal 17-21 Desember. Bila Anda berhubungan seksual di tanggal 13 Desember itu artinya bukan masa subur Anda dan kecil sekali kemungkinan terjadinya kehamilan.

Yang perlu Anda lakukan saat ini untuk meredakan nyeri perutnya adalah:

  • Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol.
  • Banyak minum air putih.
  • Sementara waktu jangan berhubungan seksual dulu.
Bila keluhan berlanjut dan nyerinya tidak tertahankan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.Salam sehat,dr. Vina
infeksi saluran kemihsakit perutradang panggulendometriosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil