Benjolan di sebelah dalam vagina, apa penyebabnya?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 50 Tahun
Hallo dok saya Aprilia 24tahunDok , di dalam vagina saya sebelah kiri kok ada semacam benjolan dan kadang rasa nyeri tapi kalau di sentuh dari luar juga rasa nyeri ..itu kenapa ya dok ? Dan penanganan nya bgaimana ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Benjolan vagina adalah keluhan yang bisa timbul dengan beragam ukuran dan lokasi serta bisa timbul baik dengan gejala nyeri ataupun tidak. Beberapa penyebab seperti diantaranya adalah:

Selain penyebab tadi, juga bisa timbul benjolan vagina karena pelebaran pembuluh darah atau disebut varises vagina. 

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut.

Penanganan sendiri akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya baik pemberian obat ataupun tindakan medis untuk menghilangkan benjolan tersebut. Untuk sementara jika terasa nyeri bisa berikan kompres hangat dan juga mengonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AY
10 Apr 2020, 03:43
Selamat pagi dokter, maaff sbelumnya, istri sya mengeluh karna rasa sakit di organ intimnya, dan stelah sya lihat ternyata di dalam miss v nya ada benjolan di antara bibir miss v tepat d atas lubang miss v, apakah itu benjolan biasa atau benjolan yg serius ya dok,, terimakasihh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Apr 2020, 22:37
Selamat malam, AY.
Salah satu penyebab tersering dari benjolan di bibir vagina adalah kista bartholin. Umumnya kista tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dibantu dengan kompres hangat yang dilakukan secara rutin 4 kali sehari dengan durasi 10 menit setiap kalinya. Namun, jenis tumor lainnya, baik jinak maupun yang mengarah pada keganasan dapat pula terjadi. Jika keluhan tidak kunjung membaik, antarlah istri Anda untuk diperiksa oleh dokter Spesilais Kandungan.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nodul dan polip pita suara merupakan penyebab suara serak

Inilah Penyebab Suara Serak yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab suara serak salah satunya adalah nodul dan polip pita suara. Namun ada beberapa penyebab lain seperti kista pita suara, laringitis, epiglotitis dan kanker laring.