Bagaimana tanda-tanda kehamilan awal?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 21 Tahun
Dok saya kan berhubungan pertama kali tetapi memakai kondom, terus selaput dara saya robek dan berdarah saat berhubungan intim, dan pas coba ke 2 kalinya berdarah lagi, harusnya saya sudah haid dok tgl 11 september, tapi sampe sekarang belum haid. Apakah saya Hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Sel telur akan keluar setiap bulannya satu kali pada masa subur. Biasanya masa subur akan terjadi pada 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Sehingga jika pada sel telur keluar dan ada sperma yang masuk, maka peluang kehamilan akan lebih besar. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kehamilan kemungkinan bisa terjadi jika ada sperma yang masuk.

Beberapa tanda kehamilan yang sering muncul :

  • Terlambat menstruasi
  • Muncuk flek kecoklatan
  • Mual dan muntah
  • Sering merasa lemah dan letih
  • Sering ingin kencing
  • Nyeri dan puting payudara yang bertambah gelap
  • Penciuman lebih sensitif dan gangguan mood
  • dan lain lain

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas, terutama terlambat haid, sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya. Jika hasil positif kemungkinan Anda hamil dan jika negatif, mungkin terllambatnya haid Anda karena sebab lain.

Jika Anda dan pasangan belum menikah, sebaiknya jangan melakukan hubungan yang berisiko untuk terjadinya kehamilan. Lakukan hubungan yang positif dan saling mendukung satu dengan lainnya.

Semoga informasi yang di berkan bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk memantau perkembangan bayi dalam kandungan

Mendeteksi Kehamilan Hingga Prediksi HPL, Ini 7 Manfaat USG

Setiap kali berkunjung ke dokter kandungan, ibu hamil akan menjalani USG. Tak hanya memastikan kehamilan, manfaat USG juga memberi banyak informasi penting kepada calon orangtua.