Kenapa mata sakit bila lama melihat komputer?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
dok saya pengguna kacamata anti radiasi, saya seharian di depan komputer tapi setelah sore badan terasa lemas dan mata merah serta sakit, itu normal atau gimana dok, apa itu mata lelah, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Computer vision syndrome adalah salah satu penyakit pada mata yang akhir-akhir sering dirasakan oleh orang-orang yang aktivitasnya banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, laptop atau HP.

Hal ini terjadi akibat kelelahan pada otot mata, karena mata dipaksa untuk melihat jarak dekat dalam jangka waktu lama serta adanya dampak sinar biru dari monitor-monitor tersebut. Selain itu dengan menatap komputer atau HP dalam waktu lama maka tanpa disadari refleks mengedip menjadi lebih jarang, sehingga akan mengakibatkan mata kering dan lebih mudah mengalami iritasi mata seperti mata merah, atau terasa pegal di area mata hingga sakit kepala.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi computer vision syndrome adalah:

  • Biasakan untuk menjalankan aturan 20-20-20 yang artinya setiap 20 menit menatap layar komputer atau HP, istirahatkan mata selama 20 detik dengan cara menatap obyek yang letaknya jauh sekitar 20 kaki atau kurang lebih 6 meter.
  • Jangan lupa untuk berkedip.
  • Banyak minum air putih.
  • Hindari paparan AC atau kipas angin yang langsung mengarah ke mata agar mata tidak cepat kering.
  • Atur kecerahan layar komputer dan hindari cahaya di belakang komputer yang terlalu terang.
  • Gunakan kacamata sesuai dengan ukuran mata Anda.

Bila Anda sudah menjalankan tips di atas namun masih terasa sakit, maka sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur pada lansia

Waspadai 4 Jenis Penyakit Mata Ini Untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Cara terbaik agar sembuh dari penglihatan kabur akibat diabetes adalah dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.