13 Sep 2021, 00:51Gigi & Mulut

Penyebab mulut terasa pahit dan berbau busuk

AN*
Info Penanya: AN*0
Saya Andhini ika wulandari. Dok saya mau tanya,kenapa indra pengecap saya saat makan sayur,tahu Dan makanan manis(sangat enak dok)tapi beberapa hari ini saya makan ayam/ikan mulut saya seperti bau busuk campur pahit.knapa ya dok apa saya terlalu sering makan makanan yang mengandung micin/tubuh saya kekurangan sayuran/makanan manis
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Indera pengecapan berfungsi untuk merasakan makanan yang dikonsumsi. Rasa makanan yang beragam akan meningkatkan nafsu makan. Namun ada beberapa kondisi yang dapat mengganggu indera pengecapan sehingga setiap makanan masuk, terasa hambar maupun pahit.

Apa yang menyebabkan indera pengecapan terganggu ?

Keluhan Anda dimana indra pengecapan saat makan sayur, tahu dan makanan manis, sangat enak. Tapi beberapa hari ini Anda makan ayam atau ikan, mulut Anda seperti bau busuk campur pahit. Anda sering makan makanan mengandung micin. Ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain :
  • Anda merasa bosan dengan ayam atau ikan yang sering Anda konsumsi.
  • Kualitas ayam atau ikan tidak baik.
  • Memasak makanan dengan tidak benar, kurang matang atau tidak dicuci bersih.
  • Beberapa penyakit yang mendasari seperti mulut kering, asam lambung meningkat, dysgeusia, kehamilan, kurang vitamin, corona, demam tipes.
  • Masalah psikologis seperti stress.
Keluhan ini dapat berhubungan langsung dengan konsumsi micin yang terlalu banyak atau bisa karena berbagai penyebab di atas. Untuk memperbaiki pengecapan, Ada sebaiknya konsumsi makanan bergizi seimbang, tidak hanya mengkonsumsi makanan tertentu, pastikan masak makanan dengan bersih dan matang, konsumsi vitamin serta rajin olahraga agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit serta keluhan berkurang. Konsultasi ke dokter penyakit dalam jika keluhan tetep dirasakan agar dokter mencari tahu penyebab pasti.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan mulutbau mulutradang lidah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil