13 Aug 2021, 00:34Kandungan

Kenapa masih mual setelah keguguran?

SP
Info Penanya: SP0
selamat malam dok..maaf dok terlalu larus saya mengaganggu. saya izin bertanya dok..istri sya baru saja mengalami keguguran..sudah berjalan 1 minngu ini dok.tapi knpa ya dok koq istri saya masih sering mual, mau muntah,perut gampang terasa ngisap dan perih,tapi kalau di mnumin sprit bisa enakan dok.. mohon jawabmbannya dok.. trimakasih..
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Keguguran adalah hilangnya janin pada usia kandungan kurang dari 20 minggu. Saat kehamilan, hormon dalam tubuh wanita akan berubah dan banyak memproduksi hormon kehamilan. Tentu saja ketika hormon sudah semakin tinggi, hormon HCG atau hormon kehamilan inilah yang akan terdeteksi pada urin ibu hamil yang biasa ditemukan sejak 10 - 14 hari setelah terjadi pembuahan dan menyebabkan tes pack menjadi positif. Hormon HCG ini akan terus meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan dan mencapai puncaknya pada usia kehamilan 12 mingu.

Keluhan saat keguguran

Keluhan mual dan muntah adalah keluhan wajar pada awal kehamilan yang disebabkan karena peningkatan hormon ini. Karena hormon ini meningkat perlahan, tentunya sata terjadi keguguran hormon ini juga tidak dapat langsung ikut hilang dengan cepat. Diperlukan setidaknya 2 minggu untuk hormon ini turun perlahan hingga menghilang pada 4 - 6 minggu setelah keguguran.Untuk itulah sangat wajar keluhan-keluhan kehamilan ini masih dapat dirasakan hingga hormon benar-benar sudah turun. Jika keluhan sangat mengganggu, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mencari adanya kemungkinan kelainan lain. Tanda rahim yang sudah bersih setelah keguguran adalah 
  • Perdarahan dari vagina berhenti
  • Nyeri perut dan pinggul berkurang
  • Mual dan muntah hilang
  • Tidak ada keputihan maupun bau tidak sedap pada vagina
  • Hasil pemeriksaan test pack menjadi negatif
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kehamilankeguguranperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil