28 Jul 2021, 22:05Kandungan

Jadwal suntik KB 1 minggu lagi, aman berhubungan badan dengan suami ?

SW
Info Penanya: SW0
Dok mau tanya, saya kan hari ini hari terakhir menstruasi, sedangkan jadwal suntik kb saya 1 minggu lagi, aman atau tidak dok jika saya berhubungan badan dengan suami? Terimakasih dok?
220 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Suntik KB bermanfaat dalam mencegah kehamilan bagi pasangan suami istri yang ingin menunda punya anak dan mengatur jarak kelahiran antara anak agar tidak terlalu dekat. Suntik KB dapat efektif jika dilakukan dengan benar, tidak telat suntik KB, dan suntikan KB dalam keadaan baik.

Apakah selesai haid dan jadwal suntik KB 1 minggu lagi, aman berhubungan ?

Anda yang hari ini terakhir menstruasi, sedangkan jadwal suntik KB 1 minggu lagi, aman berhubungan badan dengan suami. Asalkan saat jadwal suntik KB ulang Anda tidak telat suntik. Namun tetap ada kemungkinan Anda hamil walau sudah suntik KB karena beberapa faktor seperti berikut :
  • Perlindungan suntik KB dalam mencegah kehamilan sebesar 99 %, jadi bisa saja Anda termasuk yang 1 % walau kemungkinan sangatlah kecil.
  • Kehamilan terjadi saat kerja hormon pada suntikan KB belum efektif.
  • Sudah hamil sebelum suntik KB.
Jadi jika setelah berhubungan badan dengan suami Anda tidak kunjung datang bulan, bisa saja efek hormon akibat suntikan KB atau kehamilan. Lakukan test pack jika telat haid diikuti rasa mual yang berlebih di pagi hari dan konsultasi ke dokter spesialis kandungan. Catat dan buat pengingat selalu untuk jadwal suntik KB ulang agar tidak terlewat ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari.  
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil