31 May 2021, 10:19Kandungan

Terlambat haid, apakah perlu melakukan tes kehamilan?

JJ
Info Penanya: JJ0
Dok saya mau bertanya, bulan April lalu saya mulai haid pada tanggal 21 dan berakhir tanggal 27, namun sekarang sudah tanggal 31 Mei saya belum haid kembali, apa saya perlu tes dok?
76 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, JTerima aksih atas peryanyaan AndaSecara normal setiap wanita akan mengalami haid dengan siklus haid normal berkisar 21 hari sampai dengan 35 hari yang dihitung jumlah harinya dari hari pertama haid terakhir sampai hari pertama haid kembali pada perriode haid dibulan berikutnya. Terjadinya haid bisa dipengaruhi oleh hormon dan juga kondisi kesehatan organ reproduksi wanita. Sehingga apabila ada faktor yang mempengaruhi keduanya, maka bisa mempengaruhi siklus haid wanita.

Beberapa penyebab yang bisa mempengaruhi haid wanita adalah:

  • Stres, kecemasan, kondisi emosi yang tidak stabil
  • Berat badan berlebihan (obesitas), adanya perubahan berat badan mendadak
  • Gangguan hormonal tubuh, penyakit tiroid, PCOS
  • Efek pemakaian KB
  • Penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Kelelahan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila ada riwayat melakukan hubungan seksual dan Anda curiga akan terjadinya kehamilan maka lakukanlah tes kehamilan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Apabila hasilnya negatif, maka kemungkinan penyebab terlambat haid bisa diakarenakan oleh pengaruh faktor yang sudah disampaikan di atas.Agar haid kembali lancar, usahakan tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, hindari stres, konsumsi buah dan sayur, istirahat cukup, dan jaga berat badan ideal. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan agar Anda mendapatkan pengbobatan yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil