07 May 2021, 04:10Kulit & Kelamin

Apakah orang dewasa bisa terkena campak ?

MW
Info Penanya: MW0
Dokk awall nya badan merah2 nah aku diemin malah makin bnyak dok merah2 nya seperti afa benjolan kecill .. nah mlm nya panass+pusing mata kunang2 kalo liat cahaya lampu knpa dok? Apa kah saya terkena campak?
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Timbul ruam dan bintik merah di kulit dapat disertai rasa gatal, nyeri, panas atau tanpa gejala sama sekali. Ruam dan bintik merah dapat berjumlah sedikit atau bertambah banyak. Penyebab bintik merah di kulit seperti benjolan kecil salah satunya dapat disebabkan oleh campak.

Apa penyebab campak dan gejalanya ?

Campak adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella dengan gejala timbul ruam merah mulai dari belakang telinga menyebar ke seluruh tubuh, diikuti demam, batuk (cough), mata merah (conjungtivitis) dan hidung berair (coryza). Selain itu terdapat bercak kecil berwarna putih abu-abu pada rongga mulut dan tenggorokan pasien campak. Tak jarang pasien campak mengeluh silau saat melihat cahaya (fotofobia), tubuh lemas, nafsu makan menurun, mual, bahkan diare.Campak dapat menyerang semua usia terutama jika belum vaksinasi. Namun campak lebih sering terjadi pada anak usia di bawah lima tahun. Selain karena campak, keluhan yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh demam berdarah dengue dan reaksi alergi terhadap perubahan cuaca, debu, tungau, air yang kotor, makanan maupun obat-obatan.

Bagaimana cara mengobati campak ?

Pengobatan campak bersifat suportif karena virus dapat sembuh sendiri tanpa diobati (self limiting disease). Yang terpenting Anda harus menjaga imun tubuh, gunakan masker untuk mencegah penularan, sering cuci tangan dengan sabun, minum air putih yang cukup, istirahat, hindari cahaya terang dengan menggunakan kaca mata, minum penurun panas, vitamin dan segera ke dokter kulit jika keluhan tidak kunjung membaik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi kulitcampakruam kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil