02 May 2021, 16:43Kandungan

Flek kecoklatan, pusing, mual apakah tanda hamil?

RW
Info Penanya: RW0
Dok saya mau tanya sekarang saya telat haid satu bulan tapi pas tgl 1 saya keluar kecoklatan agak gelap dan sering pusing sama mual apakah itu tanda hamil atau knpa.???
280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Flek kecoklatan dapat terjadi karena premenstrual syndrome (PMS) maupun karena perdarahan  implantasi. Flek tanda PMS umumnya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi muncul dan berhenti saat menstruasi selesai. Tidak semua wanita akan merasakan PMS namun jika terdapat perubahan pada hormon maka bisa saja Anda merasakannya sewaktu-waktu.

Tanda dan gejala PMS

  • Payudara terasa kencang
  • Sakit kepala / pusing
  • Nyeri pada sendi, tulang dan atau otot
  • Kenaikan berat badan
  • Perasaan lebih sensitif
  • Mood swing 
Selain karena PMS, jika Anda memiliki riwayat hubungan seksual, maka tidak menutup kemungkinan flek kecoklatan yang anda alami, merupakan tanda awal kehamilan. Ciri-ciri dari perdarahan implantasi adalah keluar dalam 1-2 hari dan berhenti sendiri, biasanya keluar sangat sedikit dan dapat hampir tidak disadari, dan tidak menyebabkan adanya nyeri perut. Namun untuk memastikan dan meyakinkan diri terhadap perbedaan antara flek karena PMS atau kehamilan sebaiknya lakukan tes pack terutama jika Anda sudah mengalami terlambat haid, selain itu Anda juga dapat melakukanlah USG ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tes kehamilanpremenstrual syndrome (PMS)flek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil