02 May 2021, 02:53Kulit & Kelamin

Benjolan di vagina dan berdarah.

RA
Info Penanya: RA0
Maap dok d vagina saya d tengah seperti ada benjolan kalo d pegang, klo d poto bnjolan nya kliatan .dan benjolan itu betus kluar darah banyak bnget apa berbahaya???
1160 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RA,Vagina adalah organ sensitif pada wanita sehingga perlu dijaga kebersihannya dan tidak berganti-ganti pasangan seksual untuk mencegah penularan infeksi menular seksual. Perihal keluhan ada benjolan di vagina perlu dilihat atau dipegang secara langsung karena tergantung lokasinya juga.

Penyebab benjolan di vagina:

  • Folikulitis. Benjolan menyerupai jerawat akibat pori-pori kulit yang tersumbat dan terinfeksi bakteri. Biasanya sering terjadi akibat kebiasaan mencukur rambut kemaluan. Bila dibiarkan benjolan akan semakin besar dan dalam menjadi bisul atau abses yang tentunya sangat nyeri.
  • Kista bartholin. Benjolan di sisi kanan atau kiri lubang vagina akibat tersumbatnya kelenjar bartholin. Kista ini bisa berlanjut menjadi bartholinitis yang terasa nyeri dan sulit saat dipakai berjalan.
  • Kutil kelamin.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasi benjolan di vagina adalah:

  • Kompres menggunakan air hangat.
  • Benjolan jangan ditekan-tekan, namun bila benjolan sudah terlanjur pecah maka tekan sekalian keluarkan nanahnya hingga keluar darahnya. Selanjutnya bilas dengan air mengalir dan tekan untuk menghentikan perdarahannya. Bisa juga dikompres dengan es batu agar darahnya cepat kering.
  • Jaga kebersihan kelamin bila memungkinkan tutup dengan kasa untuk mencegah gesekan.
Bila benjolan semakin besar atau badan terasa meriang maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
folikulitiskista bartholinabses bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil