15 Apr 2021, 17:41Kulit & Kelamin

Apa penyebab kencing nanah pada pria ?

CZ
Info Penanya: CZ0
Syalom selamat MLM dan selamat beraktifitas BPK ibu,mau tanyakan Apakah kalau apabila kami kencing nanah belarti, itu gejala siplis atau HIV iya?? Sekian
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Z.Salah satu gangguan organ reproduksi pria yang sering dirasakan antara lain kencing nanah. Kencing nanah atau dalam istilah medis disebut dengan gonore memberikan gejala berupa keluar cairan putih kental setelah berkemih atau mengalir tanpa adanya ransangan seksual dari penis yang diikuti rasa perih.

Apa penyebab gonore atau kencing nanah ?

Keluhan gonore atau kencing nanah yang Anda tanyakan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Hubungan intim tanpa pengaman berupa kondom wanita atau kondom pria.
  • Oral seks.
  • Anal seks.
  • Ibu ke janin yang dikandung saat persalinan pervaginam.

Apa perbedaan gejala kencing nanah, sifilis dan HIV ?

Meski sama-sama disebabkan oleh penularan hubungan seksual, ketiga penyakit ini disebabkan faktor yang berbeda. Gejala gonore mengarah keluarnya cairan dari penis yang diikuti rasa perih, bengkak di kemaluan, peningkatan rasa ingin berkemih dan sakit tenggorokan terus menerus. Keluhan sifilis pada pria berupa timbul luka di alat kelamin dan bercak di tubuh yang tidak menimbulkan gejala tetapi dapat menetap selama bertahun-tahun, merusak pembuluh darah dan jantung.HIV juga tidak menimbulkan gejala di awal infeksi, namun saat imun tubuh menurun, maka beberapa gejala akan muncul seperti lelah terus menerus, bengkak di kelenjar getah bening, diare, demam, berat badan menurun drastis, dan sariawan yang tidak kunjung membaik. Pria yang mengalami kencing nanah mengarah ke gejala gonore saja, atau dapat bersamaan terinfeksi sifilis dan HIV pula. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh di dokter kulit kelamin untuk mengetahuinya. Hindari diri dari semua hubungan seksual beresiko termasuk bersama PSK.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
hivpenyakit menular seksualgonorrhea
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil