30 Jan 2021, 17:33Pernapasan

Apakah kehilangan penciuman dan indera perasa sudah pasti terinfeksi corona ?

A1
Info Penanya: A10
Sore dok. Saya mau tanya pagi pas saya bangun indra penciuman saya berkurang dan rasa lidah juga berkurang, malam nya padahal masih gpp, apakah itu gejala covid dok, dari sore memang hidung sudah tersumbat, abis hujan2 nan
290 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Kehilangan penciuman dapat terjadi pada seseorang secara perlahan atau tiba-tiba. Hal ini menyebabkan rasa cemas dan khawatir terlebih dalam kondisi pandemi dimana salah satu gejala yang mengarah ke infeksi corona berupa kehilangan penciuman dan kehilangan indera perasa.

Apakah kehilangan penciuman dan indera perasa sudah pasti terinfeksi corona ?

Walau salah satu gejala infeksi corona merupakan kehilangan penciuman dan indera perasa, namun tidak semua penyebabnya pasti karena infeksi virus corona. Kehilangan penciuman dapat terjadi saat seseorang mempunyai polip hidung, pembesaran mukosa akibat batuk dan pilek, benturan pada hidung, maupun perdarahan dan tumor di otak yang menekan saraf penciuman.Kehilangan indera perasa juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu seperti demam tipes, penderita stroke, diabetes militus, kerusakan saraf akibat luka bakar di mulut, serta persarafan yang tertekan oleh tumor di otak.

Apa yang harus dilakukan saat kehilangan penciuman dan rasa ?

Anda harus tetap tenang, lakukan isolasi mandiri, gunakan masker dengan benar walau di dalam rumah, jaga jarak dengan orang lain, terapkan etika batuk dan bersin, meningkatkan imun tubuh, oleharaga secara rutin, konsumsi makanan tinggi gizi, minum air putih yang cukup, segera lakukan pemeriksaan tes swab di dokter spesialis THT atau fasilitas keshetan seperti puskesmas.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
cuci tangancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil