21 Dec 2020, 18:48Psikologi

Apa yang menyebabkan penglihatan seakan-akan seperti mimpi ?

SN
Info Penanya: SN0
Selamat malam dok,saya ingin bertanya kenapa ya penglihatan saya seperti mimpi,seakan akan semua benda atau objek yg saya lihat,dan apa yg saya lakukan itu seperti tidak nyata/ dalam mimpi
2484 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam Sn,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Mata berfungsi sebagai alat untuk melihat dan sebagai organ keseimbangan. Jika terdapat gangguan pada mata, baik itu kabur saat melihat benda yang jauh, benda yang dekat, pandangan yang berbayang, atau pandangan menjadi gelap, maka tubuh akan terasa oleng bahkan bisa jatuh. 

Apa yang menyebabkan penglihatan seakan-akan seperti mimpi ?

Penglihatan terjadi jika ada objek yang terlihat secara nyata, dan dibuktikan oleh penglihatan orang lain melihat objek yang sama. Namun jika penglihatan yang Anda rasakan tidak ada objek yang terlihat, bahkan orang lain tidak melihat apa yang Anda lihat, maka ini dapat disebabkan oleh :
  • Halusinasi akibat penggunaan obat-obatan narkotika.
  • Halusinasi karena skizofrenia.
  • Stress yang berkepanjangan.
  • Efek samping obat-obatan.
  • Delirium akibat suatu penyakit seperti virus corona atau penyakit kronis lainnya.
  • Gula darah yang menurun bisa karena malnutrisi, atau kelelahan, sehabis olahraga dan konsumsi obat gula pada penderita diabetes militus.
  • Tumor yang menekan saraf mata.
  • Post traumatic stress disorder (PTSD) akibat kehilangan orang yang dicintai atau mengalami cidera berat yang membuat peristiwa tersebut selalu "terngiang ngiang".
  • Hipotensi atau anemia.
Jika keluhan melihat benda seperti mimpi yang Anda rasakan terus berlanjut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter baik pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan darah, dan gula ataupun berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kejiwaan. Untuk itu, selalu terapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup, serta kelola stress dengan baik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
post traumatic stress disorder (PTSD)skizofreniadelirium
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil