07 Dec 2020, 21:31Kandungan

KB langsung berhubungan intim apa bisa hamil?

MI
Info Penanya: MI0
Selamat malam dok, saya mau tanya tentang pengalaman saya sendiri, pada tgl 7 Desember istri saya suntik KB berjelang 4 jam saya berhubungan intim, pertanyaan saya apakah istri saya bisa hamil? Sedangkan waktu paling lama 7 hari setelah suntik KB. Mohon di jawab dok terimakasih.
240 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore MI,KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak diminati untuk mencegah kehamilan. Di dalam KB ini terdapat kandungan hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi keseimbangan hormon wanita sehingga dapat mencegah kehamilan meski Anda aktif berhubungan seksual. Sehingga tentu diperlukan waktu untuk tubuh agar bisa beradaptasi dan KB suntik tersebut bekerja. Bila Anda 4 jam paska KB langsung berhubungan seksual, maka tentu saja KB suntiknya belum bekerja dan mungkin saja terjadi kehamilan bila saat Anda berhubungan intim merupakan masa subur pasangan Anda.

Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual paska KB? Berikut ini kurang lebih patokannya:

  • Bila Anda suntik KB saat hari pertama haid, maka Anda bisa langsung berhubungan seksual bila haidnya sudah selesai. Karena memang saat haid tidak disarankan berhubungan seksual.
  • Bila Anda suntik KB secara acak waktunya maka Anda harus menunggu 1 minggu kemudian baru boleh berhubungan seksual karena perlu waktu agar hormon KB dapat bekerja.
Lakukan suntik KB secara berkala agar efektif menunda kehamilan pasangan Anda. Namun sebaiknya bila bulan depan pasangan Anda mengalami terlambat haid, maka tetap perlu melakukan tes pack karena Anda langsung berhubungan seksual paska suntik KB.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil