02 Dec 2020, 18:20Perut

Penyebab demam dan penatalaksanaannya

FW
Info Penanya: FW0
selamat sore dok saya mau tanya teman saya sakit dengan gejala ini demam panas naik turun , pilek , pusing , mual terus muntah2 berkelanjutan gitu , kira kira ini sakit apa ya terimakasih
161 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore FW,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Damam dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk demam tipus, demam berdarah, demam malaria, atau karena kekurangan cairan akibat diare dan muntah yang berlebih. Demam merupakan suatu mekanisme tubuh dalam melawan penyakit, baik virus atau bakteri. Tubuh dikatakan demam jika suhu diatas ambang normal 36,5-3,7 derajat celcius.

Penyebab demam dan penatalaksanaannya

Penyebab demam dan penatalaksanaannya antara lain :Demam thypoid atau  demam tipus, dapat ditularkan melalu makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonellah thypy. Ini dapat memberikan gejala demam yang lebih dari 5 hari terutama sore menjelang malam, diikuti kelemahan badan, rasa lelah, gangguan pencernaan seperti mual dan muntah. Dokter akan memeriksa darah untuk memastikan penyebab dan memberikan obat antibiotik melalui resep.
  • Infeksi saluran nafas akut (ISPA)
Infeksi saluran nafas atas sering dibeabkan oleh virus ifluenza, sedangkan infeksi saluran nafas bawah dapat diebabkan oleh bakteri maupun virus. ISPA bagian atas dapat memberikan gambaran hidung berair, batuk, demam ringan dan nyeri kepala. Penderita dapat menjaga imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, dan selalu menggunakan masker agar tidak menularkan ke orang lain.
  • Gangguan lambung
Gangguan lambung dapat menyebabkan rasa tidak enak di lambung, mual, muntah, rasa pahit dan asam di mulut. Beberapa jenis gangguan lambung yaitu, GERD dan gastritis. Semua gejala ini dapat disebut sindroma dispepsia.
  • Kehamilan
Saat hormon kehamilan meningkat secara drastis pada kehamilan awal, dapat menyebabkan keluhan mual muntah yang berlebih di pagi hari (morning sickness). Gejala ini dapat diikuti dengan nyeri kepala atau pusing. Anda daapt mengkonsumsi vitami B6 3x1 tab setelah makan untuk mengurangi gejala.

Yang dapat Anda lakukan

Yang dapat Anda lakukan antara lain :
  • Gunakan masker
  • Terapkan etika batuk dan bersin yang benar
  • Selalu cuci tangan
  • Istirahat yang cukup
  • Minum air putih
  • Makan porsi kecil tapi sering
  • Konsumsi vitamin jika perlu
  • Konsumsi oralit 1 saset tiap muntah
Untuk mengurangi demam dapat mengkonsumsi parasetamol sesuai dosis sesudah makan 3x1 dan antasida tablet kunyah sesuai dosis sebelum makan 3x1.Jika demam berlanjut, diikuti tanda kekurangan cairan seperti mulut kering, mata cekung, lemas, segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kehamilaninfeksi saluran pernapasandispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil