02 Dec 2020, 01:13Penyakit Lainnya

Kaki patah harus diapakan?

H
Info Penanya: H, Pria, 22 Tahun
Dok kaki saya patah tulang tungkai,apa ada cara untuk sembuh dan pulih
202 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang H,Tulang yang patah tentunya hal yang sangat berbahaya dan perlu diwaspadai, karena di sekitar tulang terdapat banyak pembuluh darah dan saraf yang bisa saja terganggu akibat patahan tulang yang menusuk. Untuk penanganan patah tulang sendiri tentunya tergantung pada posisi tulangnya, sudah berapa lama tulang tersebut patah, dan apakah ada luka terbuka atau tidak. Bila tulangnya patah dan sampai keluar dari otot maka tentunya suatu kegawatan dan perlu segera ditangani agar tidak timbul infeksi.

Beberapa pilihan penanganan umum untuk kasus patah tulang:

  • Dipasang bidai untuk mengurangi pergeseran posisi tulang yang patah.
  • Bila hasil foto rontgen menunjukkan tulangnya patah namun posisinya masih 1 garis atau masih rapi, maka cukup dipasang gips.
  • Bila posisi tulang patah tidak rapi atau sangat bergeser, maka perlu dilakukan tindakan operasi dan pemasangan plate and screw agar posisi tulangnya bisa kembali normal.
Sangat tidak disarankan tulang yang patah dipijat, karena bisa saja tulangnya akan semakin bergeser atau timbul cedera yang lain. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter tulang untuk penanganan yang tepat.Salam sehat,dr. Vina
operasipatah tulangpenyembuhan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil