19 Nov 2020, 18:20Kulit & Kelamin

Penyebab ISK pada pria

FZ
Info Penanya: FZ0
Selamat malam dok,Jadi gini dok,saya beberapa hari ini saat kencing sakit banget dok,hari pertama ,cuma sakit saat kencing trus kencingnya sering banget,hari kedua kencingnya ada darah,trus sakit banget, hari ketiga nanah campur darah dikencing saya dok,itu bagaimana penanganannya?lalu penyakit apa? Trus apa aja yg harus saya lakukan dok?soalnya sakit banget kalo mau pipis,nangis trus menggigil dok,gak kuat banget nahan sakitnya dok,Terimakasih dok
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat malam, Kak FZ.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Nyeri Saat berkemih dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi saluran kemih sering terjadi pada wanita karena alat reproduksi dan saluran kemih yang berdekatan. Infeksi saluran kemih dapat terjadi juga pada pria, karena alat reproduksi yang berfungsi juga sebagai saluran kemih.

Penyebab ISK pada pria

Beberapa jenis penyebab ISK pada pria, antara lain :
  • Gonorea
    Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Orang dengan gonorea, dapat tidak bergejala namun bisa menularkan ke pasangan seksualnya. Orang dengan gonore juga dapat menimbulkan gejala mulai dari keluarnya nanah, hingga nyeri saat berkemih.
  • Balanitis
    Peradangan kepala penis. Peradangan dapat disebabkan karena kebersihan penis yang tidak terjaga. Peradangan juga dapat terjadi karena infeksi jamur ataupun bakteri. Balatinitis sering terjadi terutama pada orang yang tidak disunat.
  • Chlamydia
    Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Gejala klamidia antara lain nyeri dan panas saat berkemih, keluar cairan berwarna kehijauan dari penis, gatal pada lubang penis.
Penyebab ISK diatas dapat ditularkan karena bergonta ganti pasangan tanpa pengaman.

Cara untuk menghindari ISK

Cara untuk menghindari ISK pada pria :
  • Tidak bergonta-ganti pasangan seksual
  • Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual
  • Jaga kebersihan organ intim
  • Sesalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang organ intim
Jika keluhan keluhan yang Anda rasakan semakin berat, segera konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermmanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi saluran kemihkencing nanahsunat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil