26 Oct 2020, 10:59Gigi & Mulut

Gigi rusak, apakah sebaiknya dicabut ?

LS
Info Penanya: LS0
Selamat siang dok, dok saya ingin bertanya. Umur saya kan udah 20tahun dan gigi saya berlubang belum ada 2tahun, lalu gigi saya sekarang keropos atau sudah retak/runtuh. Itu sebaiknya di copot atau gimana dok? Kalau misal dicopot apakah masih bisa tumbuh kembali giginya? Terimaksih dok.
276 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, LSS.Gigi rusak merupakan keadaan gigi yang berlubang, keropos, retak atau bahkan sudah patah namun dalam keadaan yang parah. Gigi rusak umumnya disebabkan oleh pola makan, kebisaan kurang baik hingga kondisi medis tertentu.

Adapun berbagai faktor penyebab gigi rusak yang umum terjadi, antara lainnya ialah :

  • kebisaan mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat
  • higienitas mulut yang kurang terjaga
  • karang gigi yang menahun yang tidak pernah dibersihkan
  • trauma atau cedera
  • penggunaan sikat gigi yang keras dan cara menyikat gigi yang kurang tepat
  • kebiasaan menggigit benda keras
  • penyakit asam lambung khususnya GERD
  • dan faktor-faktor lainnya
Mengenai gigi rusak yang Anda alami, akan ditentukan penanganan terbaiknya oleh dokter gigi setelah melakukan pemeriksaan. Pada keadaan gigi yang berlubang, keropos, ataupun retak umumnya jika masih bisa dipertahankan maka tidak akan langsung dilakukan pencabutan. Tindakan lainnya seperti penambalan ataupun perawatan saluran akar mungkin akan dilakukan terlebih dahulu apabila masih memungkinkan.Sedangkan perihal pertanyaan Anda tentang tumbuh kembalinya gigi baru apabila dilakukan pencabutan gigi yang rusak tersebut umumnya bergantung pada jenis gigi Anda saat ini. Dalam seumur hidup, pergantian gigi pada manusia hanya terjadi sekali, dimana gigi susu digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 20 tahun umumnya jenis gigi sudah merupakan gigi permanen. Namun pada keadaan tertentu gigi susu dapat bertahan dan gigi permanen mengalami pertumbuhan yang terhambat. Jika gigi yang rusak tersebut ternyata masih merupakan gigi susu maka kemungkinan untuk tumbuh gigi baru masih mungkin terjadi. Untuk memastikan jenis dan keadaan gigi Anda serta mendapatkan penanganan yang tepat, berobatlah secara langsung pada dokter Gigi.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kesehatan gigikesehatan mulutgigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil