04 Oct 2020, 15:56Kandungan

Apakah air mani di tangan dapat menyebabkan hamil?

HN
Info Penanya: HN0
Dok mau tanya apakah hamil jika wanita terkena air mani ditanganya dan langsung di cuci terus tanganya dipakai cebok sehabis dicuci?
13555 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, HN.Pada prinsipnya, kehamilan akan terjadi apabila ada pertemuan sel sperma (yang terdapat pada air mani) dengan sel telur. Apabila ada air mani di tangan, lalu seorang wanita mencuci tangan secara bersih di bawah air mengalir minimal 20 detik, kemungkinan besar air mani tersebut akan luruh dan tidak menempel lagi di tangan.Akan tetapi, ada kemungkinan sangat amat kecil bahwa air mani tersebut menempel di tangan, dan masuk ke vagina saat proses cebok hingga terjadi kehamilan, apabila:
  • Proses cuci tangan dilakukan secara asal-asalan atau tidak bersih
  • Proses cebok dilakukan sampai ke bagian dalam vagina 
Lalu, kemungkinan kehamilan juga dapat terjadi apabila pada saat melakukan aktivitas seksual ada hal-hal yang mengakibatkan pertemuan sperma dan sel telur tanpa disadari. Misalnya, menggesek-gesekkan vagina dengan penis, atau ketika tangan sang pria menyentuh vagina wanita.Untuk memastikan, satu-satunya cara adalah dengan menunggu sampai haid selanjutnya tiba. Apabila haid datang tepat waktu, maka berarti tidak hamil. Sebaliknya, apabila ada keterlambatan haid, Anda dapat melakukan testpack untuk memastikan apakah ada kehamilan atau terlambat karena penyebab lainnya.Akhir kata, apabila Anda memang tidak siap untuk kehamilan, sebaiknya hindari aktivitas seksual, atau gunakan kontrasepsi seperti pil atau kondom. Untuk informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil