Sperma yang dikeluarkan di perut bawah, apakah bisa menyebabkan hamil ?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 18 Tahun
Siang dok saya mau bertanya saya terakhir haid pada tanggal 10 Juli dan saya melakukan hubungan intim di tanggal 15 Juli tapi mengeluarkan nya di luar dok dan haid saja tidak kunjung dtng setelah itu saya tespack 3x hasilnya negatif dok setelah itu si tanggal 13 dan 14 September saya melakukan hubungan untim lagi dan mengeluarkan di atas perut bagian bawah pusat apakah bisa hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AH.

Sperma merupakan produk yang dihasilkan oleh alat reprodukasi pria. Sperma dapat menyebabkan kehamilan apabila berada pada alat reprodukasi wanita dan membuahi sel telur. Dalam tubuh wanita, sperma dpat hidur selama dua hingga lima hari pasca masuk melalui hugungan seksual yang normal. 

Adapun kemampuan bertahannya sperma pada dunia luar yang melalui penelitian diperkiran berkisar 20-60 menit. Namun sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan seperti paparan cahaya, udara, dan permukaan saat sperma dikeluarkan. Apabila air mani yang membawa sperma langsung mengering setelah terjadinya ejakulasi maka umumnya sperma sudah tidak akan berfungsi kembali.

Mengenai pertanyaan Anda tentang pengeluaran sperma di daerah perut bawah apakah bisa menyebabkan kehamilan, perlu ditelaah kembali apakah sebelum terjadinya pengeluaran sperma atau proses ejakulasi tersebut hubungan seksual dilakukan dengan cara yang umum yakni penetrasi. Jika iya maka peluang kehamilan masih tetap ada karena sperma masih dapat terkandung pada cairan yang dikeluarkan tanpa disadari sebelum proses ejakulasi. Pengeluaran cairan tersebut tidak seperti ejakulasi yang dapat dikendalikan, maka kehamilan tidak akan sepenuhnya dapat dicegah walau melakukan ejakulasi diluar.

Untuk keadaan telat haid Anda, jika setelah melakukan test pack berulang tetapi hasilnya masih negatif namun haid tidak kunjung datang selama berbulan-bulan, ada baiknya diperiksakan ke dokter Kandungan secara langsung, karena dikhawatirkan adanya gangguan pada organ reproduksi.

Salam sehat, 

dr. Rahmita

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.