Hidung tersumbat ketika tidur

WI Info Penanya: WI
Dok mau tanya sudah 3 tahun ini saya ga pilek /flu tapi kenapa saat tidur ketika miring hidung saya tersumbat dok ya seperti waktu pilek/flu, dan 2 tahun berjalan 3 bulan ini saya batuk tapi ngga gatal dok tenggorokan saya, cuma terdapat lendir (ingus) di tenggorokan setiap saya batuk pasti di sertian mual mau muntah, tolong di jawab dong sudah 3 tahun saya seperti ini
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi WI,

Hidung tersumbat adalah keluhan yang tidak hanya bisa timbul ketika flu atau pilek. Hidung tersumbat bisa terjadi karena beberapa penyebab lain seperti diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi, dapat menimbulkan hidung tersumbat jika terpapar alergen seperti debu, bulu hewan, udara dingin, asap rokok, ataupun akibat makanan dan minuman tertenu
  • Adanya polip pada hidung, atau adanya jaringan yang tumbuh di hidung sehingga menghalangi jalan napas
  • Mengalami peradangan sinus atau sinusitis yang bisa diawali oleh rhinitis
  • Gangguan anatomi hidung seperti salah satunya hidung yang bengkok
  • Kondisi kesehatan lain seperti masalah asam lambung, kondisi kehamilan, dan lainnya

Jika keluhan hidung tersumbat sudah berbulan-bulan, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis THT untuk dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Nantinya dapat dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi keluhan hidung tersumbat yang timbul seperti bisa diatasi dengan minum obat antihistamin seperti chlorpheniramine maleat, cuci hidung dengan air garam dan hindari paparan alergi ya seperti debu, udara dingin, asap rokok.

Apabila ada masalah lain yang jadi penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan baik dengan pengobatan ataupun jika diperlukan tindakan operasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi bekas gigitan tungau sebaiknya harus sesuai dengan jenisnya

Cara Mengatasi Bekas Gigitan Tungau Berdasarkan Jenisnya

Bekas gigitan tungau bisa menimbulkan gatal, iritasi, dan ruam di kulit. Lantas, bagaimana cara mengatasi bekas gigitan tungau yang mengganggu?