Terlambat datang bulan dan melakukan hubungan intim 3 bulan lalu

EW Info Penanya: EW
Dok saya dapat melakukan hubungan intim 3 bulan lalu trus setelah itu datang bulan saya lancar. Tapi sekarang datang bulan saya sudah telat 5 hari bertanda apa kah ini dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EW,

Terlambat datang bulan 5 hari sendiri bisa merupakan hal yang masih normal, karena tidak jarang menstruasi bisa berubah siklusnya. Normalnya sendiri siklus menstruasi bisa terjadi setiap 21-35 hari sekali. Apabila biasanya siklusnya 28 hari, perlu diperhatikan jika terlambat lebih dari 7 hari atau siklusnya lebih dari 35 hari merupakan siklus yang tidak normal.

Apabila ada riwayat melakukan hubungan seksual tapi 3 bulan lalu dan setelahnya sudah mengalami menstruasi, maka menandakan tidak terjadi kehamilan. Apabila di siklus sebelumnya tidak ada riwayat berhubungan seksual, maka terlambat haid tidak disebabkan karena hamil.

Beberapa kemungkinan lain penyebab terlambat haid diantaranya:

  • Gangguan hormonal
  • Berat badan yang tidak stabil, bisa karena diet atau penurunan berat badan
  • Adanya masalah kesehatan lain
  • Mengalami stres
  • Kelelahan karena aktivitas fisik berat
  • Kurang aktivitas fisik
  • Gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari yang kurang baik
  • Gangguan organ reproduksi

Jadi bisa diperhatikan dulu, kalau dalam 2 minggu kedepan tetap tidak juga menstruasi perlu mencoba memperbaiki kesehariannya. Perbaiki pola tidur, asupan makan, kelola stres dengan baik, upayakan cukup aktivitas fisik seperti olahraga rutin.

Jika ada riwayat hubungan seksual di siklus haid sebelumnya bisa juga coba untuk melakukan testpack untuk mengetahui hamil atau tidak. Jika tidak hamil, nantinya bisa mencoba mengatasi keluhan menstruasi yang tidak lancar dengan mengonsumsi minuman dari bahan alami seperti kunyit, cuka apel, nanas dan jahe, kayu manis atau bahan lainya. Periksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika sampai 3 bulan tidak juga menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.