Ejakulasi di bibir rahim, apakah bisa hamil?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dok.Saya mau bertanya.Ketika saya bercinta dengan pasangan saya yang sedang mengalami haid/menstruasi apakah bisa hamil ketika ejukulasi keluar di bibir rahim, setelah itu ms v di bersihkan dengan air setelah bercinta.Berapa besar kemungkinan bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Z.

Rahim adalah organ reproduksi wanita bagian dalam, dan tidak terlihat kasat mata. Rahim terhubung dengan lubang vagina melalui sebuah saluran yang sering disebut sebagai liang vagina.

Apabila yang Anda maksud adalah ejakulasi di bibir rahim (yang berarti di dalam liang vagina), maka walaupun sedang menstruasi, kemungkinan hamil tetap cukup besar. Pasalnya, sperma yang sudah masuk ke dalam rahim bisa bertahan hingga lima hari kedepan, dimana mungkin saja sel telur siap untuk dibuahi pada hari-hari selanjutnya.

Tetapi, apabila yang Anda maksud adalah ejakulasi di bibir vagina (di luar liang), maka kemungkinan hamil menjadi lebih kecil, ya. Lalu, perihal membilas vagina dengan air setelah melakukan hubungan intim, hal tersebut tidak dapat mengeluarkan sperma yang sudah masuk ke dalam liang vagina atau rahim.

Oleh karena itu, lakukan testpack apabila mengalami keterlambatan haid. Menguji kehamilan dengan testpack cukup mudah, hanya dengan mencelupkan strip uji ke dalam urine yang telah ditampung ke dalam wadah, lalu hasilnya dapat dibaca dalam beberapa menit.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT bisa dilakukan dengan USG

Cari Tahu Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT

Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT ada dua, di rumah dan di dokter. Jika masih tidak yakin, coba periksa USG.