Bagaimana bila mau pasang behel?

NZ Info Penanya: NZ, Pria, 2 Tahun
Dok ,mau Tanya ini tentang pemasangan behel . Jadi gigi ku itu Yang depan agk maju tapi cuman rahang atas terus mau pasang tapi karn aku mau sekolah jauh maka bagaimana mengontrol cek tiap 3 minggunya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NZ,

Behel atau kawat gigi adalah pemasangan alat (kawat gigi) yang bertujuan untuk merapikan susunan gigi. Biasanya permasalahan pada gigi yang sering muncul adalah giginya terlalu maju, jaraknya berjauhan, atau susunan gigi maju mundur tidak beraturan. Untuk memperbaikinya bisa dilakukan pemasangan behel yang biasanya memakan waktu sekitar 1-3 tahun tergantung derajat keparahan susunan giginya.

Perihal gigi Anda yang maju perlu dipastikan memang susunan giginya yang maju, atau memang bentuk rahangnya yang maju. Karena bila yang bermasalah bentuk rahangnya maka tidak bisa diperbaiki dengan pemasangan kawat gigi. Namun bila susunan giginya miring dan maju ke depan, maka bisa diperbaiki dengan kawat gigi yang biasanya didahului dengan pencabutan gigi taring, agar gigi memiliki tempat (gusi) untuk mundur.

Pada pemasangan awal behel memang perlu dilakukan kontrol berkala karena selain mengecek ada tidaknya masalah, behel juga perlu dirapatkan secara berkala. Bila sekaligus dirapatkan maka gigi akan sakit. Sehingga dokter gigi perlu merapatkannya secara berkala, karena pergeseran gigi juga secara perlahan-lahan.

Anda bisa melanjutkan perawatan behel di daerah Anda yang baru, atau sekaligus lakukan pemasangan behel di daerah Anda yang baru sehingga memudahkan untuk melakukan kontrol lanjutannya. Yang pasti lakukan pemeriksaan ke dokter gigi dulu untuk memastikan perawatan apa yang cocok untuk gigi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi retainer gigi setelah pakai behel

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Harga Pembuatan Retainer Gigi

Retainer gigi adalah alat yang wajib digunakan setelah penggunaan kawat gigi. Jika retainer tidak dipakai, maka gigi yang sudah rapi bisa kembali berantakan.