Berapa lama kembali haid setelah melahirkan?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mw nanya anak saya sudah umur 10 bulan tp kenapa sehabis melahirkan sampai sekarang saya tidak haid ?.....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Pada saat hamil, hormon tubuh seorang wanita mengalami perubahan, sehingga tidak mengalami haid dalam kurun waktu tersebut. Setelah melahirkan, hormon tidak serta-merta kembali normal seperti sebelum hamil, melainkan butuh waktu. Ketika hormon sudah normal, barulah seorang wanita akan haid dan kembali subur.

Pada ibu yang tidak menyusui, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk haid kembali adalah 6-8 minggu. Sedangkan pada ibu yang menyusui secara eksklusif, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama, yaitu 1-2 tahun. Oleh karena itu, apabila Anda menyusui, maka hal yang Anda alami adalah normal-normal saja, ya. 

Tetapi, selain karena hormon yang belum seimbang, hal lain juga bisa membuat haid terlambat, seperti:

  • Kehamilan kembali
  • Efek samping kontrasepsi (apabila menggunakan setelah melahirkan)
  • Stres karena mengurus bayi
  • Jam tidur yang tidak teratur
  • Kelelahan fisik

Jadi, usahakan untuk selalu bahagia dalam mengurus bayi, ya. Usahakan tidur secukupnya dan jangan terlalu lelah, mintalah dukungan kepada suami atau keluarga terdekat jika diperlukan. Jangan lupa makan bergizi dan minum air putih yang cukup, agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah sakit.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik atau penunjang seperti USG. Dengan demikian, dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jahitan melahirkan normal dilakukan jika perineum robek saat persalinan

Jahitan Melahirkan Normal, Kapankah Anda Membutuhkannya?

Jahitan melahirkan normal adalah hal yang umum dibutuhkan oleh wanita ketika persalinan. Namun jahitan ini perlu dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan komplikasi tertentu, seperti infeksi.