Melakukan hubungan seksual tapi tidak dikeluarkan di dalam

DD Info Penanya: DD
Halo dok bulan 4 kemarin saya melakukan hubungan tapi saat orgasme sudah mau keluar maaf spermanya itu keluar tidak di dalam, apakah itu juga bisa menyebabkan hamil? Soalnya saya bulan 4 habis melakukan itu menstruasi dan bulan 5 juga menstruasi tapi cuma 4 hari. Apakah bisa dibilang hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DD,

Melakukan hubungan seksual tetapi tidak mengeluarkan sperma adalah salah satu metode mencegah kehamilan yang disebut dengan coitus interuptus.

Metode ini memang bisa mencegah kehamilan tetapi tidak sepenuhnya efektif, karena saat melakukan penetrasi, masih bisa ada cairan preejakulasi yang keluar dan mengandung sel sperma yang memiliki kemampuan untuk membuahi sel telur.

Apabila bulan april melakukan hubungan seksual tetapi setelahnya terjadi menstruasi, berarti tidak terjadi kehamilan. Menstruasi sendiri merupakan proses yang terjadi ketika sel telur tidak dibuahi. Menstruasi yang normal sendiri adalah antara 3-7 hari, jadi jika cuma 4 hari masih termasuk normal. 

Beberapa tanda kehamilan yang juga bisa timbul mirip dengan tanda premenstrual syndrome sendiri diantaranya adalah:

  • Rasa tidak nyaman pada payudara
  • Mual dan muntah
  • Lebih mudah emosi atau suasana perasaan yang berubah-ubah
  • Lebih sensitif terhadap bau atau aroma tertentu
  • Rasa nyeri di perut

Jika merasa ragu atau khawatir, bisa juga memastikan dengan memeriksakan diri menggunakan alat testpack. Apabila belum menikah atau sudah menikah tapi masih ingin menunda kehamilan maka perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lebih efektif seperti menggunakan kondom ataupun pil KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)