19 Jun 2020, 21:47Infeksi

Demam tinggi, mual, dan memiliki hipertensi

SU
Info Penanya: SU, Pria, 17 Tahun
Hallo dok, saya ingin bertanya.. ayah saya sudah demam tinggi 3 hari ini diserta, tekanan darah tinggi, sakit kepala berat , dan mual ingin muntah, di malam hari tidak bisa tdur, sudah minum obat antibiotik . Tetapi tidak ada perubahan dok.. Apakah ada penyakit serius dok?
20991 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SU.Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh meningkat, yaitu di atas 38 derajat celcius. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang melawan benda asing yang masuk. Demam biasanya disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala, menggigil, keringat dingin, maupun mual dan muntah.

Demam yang disertai mual dan muntah bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Demam tifoid
  • Infeksi saluran pencernaan 
  • Gastroenteritis atau diare
  • Hepatitis
  • Appendicitis atau peradangan usus buntu
  • Kolesistitis atau peradangan kantung empedu
  • dan lain-lain
Sehubungan dengan kondisi yang Anda sampaikan, perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit akan sembuh dengan antibiotik. Jika demam ayah Anda tak kunjung membaik dengan obat antibiotik, bisa saja bukan itu penanganan yang tepat. Penggunaan antibiotik juga sebaiknya hanya atas petunjuk dokter, karena antibiotik termasuk obat keras. Mengonsumsinya dengan cara yang salah dapat menimbulkan resistensi.Oleh karena itu, sebaiknya Anda periksakan ayah Anda ke dokter spesialis penyakit dalam, sekaligus untuk mengontrol tekanan darah tinggi yang dimiliki ayah Anda. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan yang dibutuhkan, misalnya laboratorium, rontgen, atau USG, dan memberikan terapi yang sesuai. Jika tidak bisa dengan obat dan membutuhkan tindakan, maka dokter akan merujuk ke spesialisasi yang sesuai. Salam sehat,
dr Sylvia
demamhipertensidemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil