01 Jun 2020, 23:05Psikologi

Bagaimana mengatasi rasa bosan dan meningkatkan semangat?

AP
Info Penanya: AP, Wanita0
Assalamu'alaikum dok saya mau bertanya Saya salah satu santri d sebuah pondok Pertanyaan adalah: 1 mengapa saya sering merasakan bosan, patah semangat dan mudah bed mood ketika d pondok? 2 bagaimana cara menghilangkan rasa malu? 3 mengapa saya ketika d pondok sering merasa sedih &ketika d rumah tidak ?dan saya ketika pulang ke rumah merasa tidak ada beban? شكرا جزاكم الله خيرا كثيرا Terima kasih semoga Allah membalas kebaikan kalian semua
6969 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Perasaan bosan dan tidak semangat yang Anda alami merupakan hal yang wajar terjadi dialami oleh setiap orang. Perasaan tersebut bisa berlangsung sementara, namun bisa juga menetap. Jika berlangsung lama, maka dapat mengganggu kesehatan jiwa Anda dan menyebabkan gangguan depresi.

Cara mengatasi rasa bosan dan meningkatkan semangat 

Untuk mengatasi gejala yang Anda alami ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:
  • Mencari kegiatan yang positif seperti mengaji, berolahraga, bermain dengan teman pesantren, membersihkan kamar pesantren, bercocok tanam, memasak, dll.
  • Memiliki sahabat atau teman dekat di pesantren untuk menjadi tempat Anda bercerita sehingga Anda tidak merasa kesepian selama di pesantren. 
  • Makan makanan yang Anda suka untuk meningkatkan semangat Anda.
  • Ambil waktu libur beberapa hari agar pikiran Anda bisa segar kembali dan Anda memiliki quality time dengan keluarga. 
  • Rutin menelepon orang rumah agar Anda bisa kembali semangat. 
Anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas agar Anda bisa kembali semangat dalam menjalani kegiatan Anda di pesantren. Selain itu, untuk menghilangkan rasa malu, Anda harus bisa memberikan sugesti kepada diri Anda sendiri bahwa diri Anda berharga dan berguna. Sehingga secara tidak langsung, rasa percaya diri Anda timbul dan bangkit kembali. Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut ke psikolog agar dapat diberikan psikoterapi yang tepat buat kondisi psikis Anda ini.Salam sehat,dr. Ester
depresipenyakit kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil