Demam naik turun, mual muntah, sakit apa?

BB Info Penanya: BB, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya. Teman saya, ada gejala demam tinggi yg suka naik turun, disertai dengan kepala sakit, mual muntah, badan sakit semua. Gejala dari sakit apakah itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BB.

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh seseorang meningkat di atas 38 derajat celcius. Penyebab demam sangat bervariasi, dari peradangan ringan sampai penyakit berat bisa disertai dengan demam. Oleh karena itu, mengetahui gejala-gejala lain sangatlah penting. Biasanya, seseorang yang mengalami demam akan disertai dengan gejala lainnya, misalnya nyeri kepala, pusing, mual, muntah, diare, dan sebagainya.

Terkait kondisi teman Anda, demam naik turun yang disertai dengan mual muntah bisa disebabkan oleh:

  • Demam tifoid, yaitu infeksi bakteri yang terjadi pada sistem pencernaan
  • Demam chikunguya atau flu tulang, yang juga menyebabkan nyeri pada seluruh tubuh
  • Demam berdarah dengue, yang sering terjadi pada musim hujan
  • Keracunan makanan tertentu
  • dan lain-lain

Untuk sementara, coba mengompres kening dengan handuk hangat dan mengonsumsi obat penurun suhu yang dijual bebas, seperti parasetamol sesuai dosis. Pastikan asupan air putih cukup untuk mencegah dehidrasi. Konsumsi makanan yang lunak, dan hindari makanan yang pedas dan berminyak.

Apabila dalam tiga hari demam tak kunjung turun, segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium. Dokter akan menentukan penyebab pasti dari demam teman Anda dan memberikan penanganan yang sesuai. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masuk angin biasanya dirasakan ketika seseorang terkena virus dan merasa tidak enak badan

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Tepat? Dengarkan Sinyal Tubuh Anda

Perut kembung, mual, demam, dan tidak enak badan merupakan gejala masuk angin. Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana Anda mendengarkan sinyal dari tubuh.