Apakah gigi permanen masih dapat tumbuh pada usia 18 tahun?

DV Info Penanya: DV, Wanita, 17 Tahun
Assalammuallaikum dok selamat malam saya mau bertanya sekarang usia saya 18tahun dan ada satu gigi saya yaitu gigi susu yang baru saja lepas di usia 18tahun apakah masih bisa tumbuh gigi saya di usia 18tahun ini dok... Karna gigi itu gigi susu dan belum pernah patah, terimakasih, dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DV,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gigi susu yang baru lepas di usia 18 tahun masih bisa digantikan oleh gigi permanen jika memang ada benih gigi yang tertanam di gusi. Jika dari pemeriksaan ternyata tidak ada benih gigi yang masih tertanam, maka gigi susu tersebut tidak ada penggantinya.

Untuk mengetahui ada tidaknya benih gigi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan rontgen gigi agar bisa terlihat ada atau tidaknya benih yang masih tertanam di dalam gusi.

Apabila tidak ada benih gigi, maka area gigi susu yang lepas tadi akan terlihat ompong dan untuk menutupinya, Anda bisa menjalani prosedur pembuatan gigi palsu. Sedangkan apabila ada benih gigi namun posisinya miring atau tidak sesuai, maka Anda bisa menjalani proses perawatan kawat gigi. Dokter bisa menyesuaikan posisi gigi-gigi sekitarnya dan posisi tumbuh gigi agar bisa terlihat rapi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

dr. Reni Utari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan karang gigi secara alami, sebenarnya lebih tepat untuk mengatasi plak.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi, Apakah Ada?

Keberadaan karang gigi tentu mengganggu kesehatan dan penampilan. Mungkin Anda pernah mendengar tentang beberapa cara alami menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter. Apakah benar, karang gigi bisa dibersihkan sendiri?