Kenapa di area kelamin terasa gatal dan terasa gak perih?

DO Info Penanya: DO, Pria, 20 Tahun
Selamat pagi dok, saya laki" knapa ya akhir" ini di area kelamin saya terasa gatal dan kemuadian hari keluar cairan kuning tpi tidak berbau, dan kalo kencing terasa agak perih . Gejala apa dan obat seperti apa ya dok kira".Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DO,

Adanya rasa perih diarea kelamin bisa disebabkan oleh beragam penyebab. Bisa karena adanya masalah di saluran kemih, iritasi atau infeksi di kulit sekitar kelamin, ataupun bisa masalah infeksi akibat seksual.

Apabila sebelumnya tidak ada riwayat hubungan seksual maka kemungkinan infeksi akibat seksual bisa disingkirkan. Tetapi jika ada riwayat hubungan seksual sebelumnya maka perlu dilakukan pemeriksaan karena bisa dicurigai adanya infeksi menular seksual.

Perhatikan juga apakah ada keluhan lain di ujung kemaluan, jika ada kemerahan dan juga rasa nyeri maka bisa ada infeksi di saluran uretra atau disebut dengan uretritis.

Untuk sementara yang bisa dilakukan adalah:

  • Jaga kebersihan kulit dan kelamin
  • Rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam
  • Perbanyak minum air putih 
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Hindari berhubungan seksual sampai dipastikan penyebabnya dan sampai diobati sampai sembuh

Periksakan diri pada dokter atau dokter kulit dan kelamin agar nantinya dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan lab, tes urine ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.