Apa saja penyebab benjolan di payudara?

MI Info Penanya: MI
Dok istri saya mengalami nyeri dipayudara,berupa bisul di bagian bawah puting dan ada benjolan keras di area payudara..itu sakit apa yah??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MI.

Benjolan adalah hal abnormal yang terjadi pada tubuh. Benjolan dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Karakteristik benjolan pun berbeda-beda: kecil atau besar, berbonjol-bonjol atau licin, nyeri atau tidak, lunak atau keras, dan karakteristik lainnya.

Kondisi yang istri Anda alami, yaitu benjolan di payudara, bisa disebabkan oleh:

  • Intraductal papilloma, yaitu tumor yang biasanya terletak di bawah puting dengan bentuk yang menyerupai. Terkadang tumor ini membuat perdarahan yang keluar dari puting.
  • Fibrokistik, yang biasanya terjadi pada wanita berusia 35-50 tahun atau pasca menopause
  • Fibroadenoma, yaitu benjolan yang padat dan bulat yang bisa digerakkan. Benjolan biasanya tidak nyeri.
  • Kista, yang biasanya terjadi pada wanita berusia 20-30 tahun, dan memiliki ukuran berubah-ubah yang dipengaruhi siklus menstruasi
  • Mastitis, yaitu peradangan payudara pada saat menyusui
  • Kanker payudara, biasanya benjolan berbonjol-bonjol (memiliki tepi yang tidak rata)

Untuk mengetahui penyebab benjolan pada payudara istri Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis bedah onkologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan meraba benjolan tersebut, lalu melakukan radiologi seperti USG payudara, mammografi, CT scan, dan lain-lain jika dibutuhkan. Mungkin juga akan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengecek kadar penanda tumor pada darah.

Untuk sementara, hindari memencet-mencet benjolan. Kompres hangat pada benjolan dapat membantu mengurangi nyeri, jika ada. Jangan lupa selalu menjaga pola hidup sehat, konsumsi makanan bernutrisi dan kurangi makanan cepat saji atau junk food ya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merangsang payudara bisa dimulai dengan meraba perlahan mulai dari perut hingga naik ke payudara

Orgasme Tanpa Stimulasi Vagina? Coba dengan Merangsang Payudara Pasangan

Ada banyak cara membuat wanita orgasme. Salah satunya dengan memberi stimulasi pada payudara. Merangsang payudara akan memancing respon dari genital sensory cortex, bahkan membuat pasangan orgasme.