Apakah gejala infeksi saluran napas?

C Info Penanya: C
Hallo dok, bberapa hari saya mengalami sakit perut, sakit kepala, mual udah diperiksa katanya maag skrg saya mengalami sesek nafas, sakit tenggorokan, sakit perut, batuk ringan, tidak nafsu makan gejala apa itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gangguan pernapasan adalah kumpulan gejala yang berhubungan dengan pernapasan seperti gejala batuk, nyeri tenggorokan, flu, bersin, demam, dan sesak napas. Gangguan pernapasan bisa disebabkan karea infeksi, alergi, penyakit paru-paru, dll.

Beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan pernapasan, yaitu:

  • ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).
  • Faringitis.
  • Tonsilitis.
  • Sinusitis.
  • Influenza.
  • Penyakit paru-paru: asma, bronkhitis, TBC, dan pneumonia.

Gejala yang Anda alami ini kemungkinan merupakan gejala dari infeksi saluran napas. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri dan virus. Untuk mengatasi keluhan Anda ini, Anda bisa mengkonsumsi obat bromhexine atau guaifenesin, paracetamol, vitamin C atau B kompleks yang bisa Anda beli di apotek. Lalu, istirahat yang cukup, banyak minum air hangat, konsumsi jahe, perasan lemon, dan madu, gunakan masker, jangan bepergian keluar rumah dulu, dan makan makanan yang bergizi.

Jika tidak ada perubahan, saya sarankan Anda kembali cek ke dokter untuk diperiksa dan dievaluasi kembali kondisi Anda ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.