Apakah ejakulasi di luar bisa menyebabkan hamil?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 22 Tahun
Selamat pagi dok. Saya ingin bertanyaSemalem saya hubungan dgn suami saya , tp keluarin nya di luar , dalam jangka waktu bbrapa menit saaya melakukan hubungan lagi selama bbrapa kali dan keluarnya di luar juga. Apakah bisa menyebabkan kehamilan ? Walaupun setelah keluar sama"membersihkan daerah masing" ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MD,

Teimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ,

Ejakulasi di luar atau senggama terputus adalah upaya mencegah kehamilan dengan menarik penis keluar dari vagina saat hampir mencapai klimaks dan ejakulasi. Dan kemudian ejakulasi sengaja dilakukan di luar vagina. Namun cara ini belum tentu efektif bila dilakukan saat Anda berada dalam masa subur.

Sehingga saya sarankan jika Anda ingin melakukan hubungan dan ingin tidak hamil, sebaiknya dilakukan pada masa tidak subur, karena satu sperma saja bisa mewujudkan kehamilan walaupun rendah. Ada beberapa cara atau metode kontrasepsi yang lebih efektif dibandingkan ejakulasi diluar vagina seperti penggunaan kondom, suntik KB, minum pil KB, penggunaan IUD dan lain sebagainya.

Sehingga berhubungan dengan ejakulasi diluar masih berpeluang terjadinya kehamilan, terutama bila dilakukan pada masa subur. Untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan Anda bisa lakukan konsultasi ke dokter Obstetri dan Ginekologi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bank sperma merupakan wadah bagi orang yang menyumbang dan mendonorkan sperma

Belum Kantongi Izin di indonesia, Apa Sebenarnya Bank Sperma?

Bank sperma mewadahi pendonor dan resipien sperma, dengan persyaratan dan komitmen sangat ketat. Biasanya, permintaan datang dari individu atau pasangan yang ingin memiliki keturunan.