Kenapa timbul keputihan dan nyeri di vagina?

BW Info Penanya: BW, Wanita, 1 Tahun
Dok sya mau tanya, knpa semenjak sya stelah mlahirkan hingga sekarang miss v sya terasa ada yg beda terasa sakit sma kya ada yg halangin trs sma keputihan sya makin kesini semakin bnyak trs agak bau, tolong jwban ny dok.. trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BW,

Keputihan adalah keluhan yang bisa timbul disertai nyeri pada perut, nyeri vagina, nyeri saat berhubungan seksual, keputihan juga bisa berubah warna dan konsistensinya serta bisa menimbulkan gatal dan bau yang khas. Keluhan ini bisa terjadi karena keputihan disertai infeksi, baik karena infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi parasit ataupun infeksi menular seksual.

Untuk itu jika keluhan keputihan dan rasa nyeri menetap ada baiknya dilakukan pemeriksaan. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan vagina untuk memastikan apa yang menjadi penyebabnya.

Untuk sementara bisa bersihkan kemaluan dengan membasuh menggunakan air hangat dan mencuci dengan sabun biasa. Hindari sabun khusus karena bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme pemicu keputihan. 

Periksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar nantinya diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya baik obat antibiotik jika penyebabnya infeksi bakteri, obat antijamur jika karena infeksi jamur, dan pengobatan lain sesuai penyebab dan gejala yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur dan infeksi bakteri pada vagina dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu

Mengganggu Aktivitas Harian, Apa Penyebab Vagina Gatal?

Salah satu masalah yang kerap kali membuat para wanita menjadi gusar adalah miss v gatal. Rasa gatal di sekitar kemaluan tentunya membuat resah. Penyebab vagina gatal bisa diakibatkan oleh berbagai hal, tetapi umumnya dipicu oleh infeksi jamur atau infeksi bakteri vaginosis.