28 Nov 2020, 18:32Kepala

Penyebab dan penanganan bengkak di leher

DD
Info Penanya: DD0
Kenapa ada bengkak di bagian leher saya ya dok, sudah beberapa bulan sepertinya.
275 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo DD, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Benjolan/bengkak pada leher disebabkan oleh banyak hal. Terdapat beberapa organ di sekitar leher, sehingga jika organ tersebut terinfeksi, membuat kelenjar getah bening (KGB) berusaha melawan infeksi tersebut, yang dapat memperbesar KGB. Pembesaran KGB ini dapat teraba dan menyebabkan leher terlihat membengkak.

Penyebab bengkak di leher

Beberapa penyebab bengkak ataupun benjolan di leher antara lain :Kuman TBC yang ada di paru-paru dapat menyebar ke organ lain di sekitarnya, termasuk kelenjar getah bening leher. Benjolan ini disebut dengan sklofuroderma.
  • Penyakit gondok (hipotiroid)
Jika seseorang kurang menkonsumsi yodium yang biasanya terdapat di garam, maka kelenjar tiroid akan membesar. 
  • Infeksi organ sekitar leher
Infeksi organ sekitar leher, seperti infeksi telingan, infeksi gigi, infeksi tenggorokan, atau infeksi hidung dapat membuat pembesaran KGB leher.
Jika benjolan bertambah banyak dengan cepat, bertambah besar, diikuti rasa nyeri, penurunan berat badan, ada riwayat kanker di keluarga, maka segera lakukan biopsi untuk melihat jenis tumor yang ada apakah mengarah ke keganasan atau tidak.
  • Penyumbatan kelenjar minyak dan rambut
Hampir seluruh tubuh kita memiliki kelenjar minyak dan rambut. Jika kelenjar ini tersumbat, akan menyebabkan pembengkakan dan tanda infeksi.
  • Lipoma
Lipoma adalah benjolan yang terbentuk oleh lemak tubuh. Lipoma ini tidak berbahaya dan tidak perlu penangnan khusus.
  • Trauma leher
Saat terjadi trauma, maka tubuh akan mengalirkan darah yang lebih banyak ke organ tersebut, yang dapat menyebabkan bengkak dan merah.

Penanganan bengkak di leher

Penanganan bengkak di leher yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengobservasi bengkak yang ada. Kompres hangat pada daerah yang bengkak jika daerah tersebut tidak terdapat luka terbuka. Minum obat nyeri seperti parasetamol seseuai dosis, 1 jam setelah makan, jika bengkak disertai nyeri. Obati infeksi yang ada di sekitar leher. Periksa gigi secara teratur 6 bulan sekali. Jangan mengorek telinga terlalu dalam agar tidak menyebabkan infeksi telinga. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang teratur 5x dalam seminggu, kelola stress dengan baik, minum dan istirahat yang cukup.Jika benjolan tetap ada, bertambah banyak, dan nyeri, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatlaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kelenjar getah beningtbckelenjar tiroid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil